Ini List Lengkap Biaya Admin Bank

0
22798
Biaya Admin Bank

Mengetahui biaya admin bank cukup penting untuk Anda yang aktif menggunakan rekening untuk menabung, transaksi, hingga belanja. Mengapa? Karena Anda bisa meminimalkan biaya administrasi yang terlihat sedikit. Namun, kalau berkali-kali bisa membebani rekening yang Anda miliki.

Masing-masing bank umumnya menentukan kebijakannya sendiri. Ada beberapa layanan yang membebaskan biaya administrasi dan ada yang membebankan per transaksi. Berikut daftar lengkap biaya admin bank di Indonesia.

1. Bank Central Asia (BCA)

BCA memberlakukan biaya admin yang berbeda-beda pada jenis kartunya. Pada kartu Tahapan BCA Blue biayanya Rp15.000 per bulan, Gold dikenakan Rp17,000 per bulan, dan Platinum akan dikenakan Rp20.000 per bulan. Biaya akan dipotongkan pada minggu ketiga setiap bulannya.

Kalau memakai Tahapan Xpresi, biaya admin per bulan hanya Rp7.500. Sementara itu Tahapan Berjangka tidak ada biaya sama sekali. Biaya admin untuk penarikan atau transfer di ATM sekitar Rp6.500.Kalau di ATM BCA dan transfer sesama, tidak ada biaya.

2. Bank Mandiri

Bank Mandiri menerapkan biaya administrasi yang berbeda-beda pada jenis tabungan yang dibuka nasabah. Pada Tabungan Rupiah, biaya adminnya Rp12.500 per bulan. Biaya admin Tabungan Bisnis Rp12.500 per bulan dan untuk valas bervariasi mulai dari 1-10 sesuai dengan jenis valasnya.

Selanjutnya ada Mandiri Tabungan NOW dengan biaya admin Rp2.500 per bulan. Mandiri Tabungan Payroll Rp0-12.5000 per bulan, tergantung negosiasi antara pihak bank dan juga perusahaan. Terakhir Mandiri Tabungan Rencana dan TKI berturut-turut Gratis dan Rp10.000 per bulan.

3. Bank Rakyat Indonesia (BRI)

Biaya admin BRI tergantung dengan jenis produknya. BRI Simpedes memiliki biaya admin paling rendah yakni Rp5.500 per bulan. Sementara itu BRI Britama akan dikenakan biaya administrasi sekitar Rp12.000. Britama Bisnis akan dikenakan biaya Rp50.000 per bulan kalau saldo di bawah Rp5 juta.

Tabungan Britama Muda dibebankan tarif sekitar Rp5.000 per bulan. Terakhir Tabungan BRI Junio dan BRI TabunganKu berturut-turut Rp5.000 dan gratis. Biaya admin transfer kalau sesama bank sekitar Rp6.500.

4. Bank Negara Indonesia (BNI)

Selanjutnya biaya administrasi pada Bank Negara Indonesia atau BNI. Pada tabungan Taplus biaya yang dibebankan Rp11.000 per bulan. BNI Taplus Bisnis akan dikenakan biaya sekitar Rp15.000. Khusus BNI Taplus Muda biaya admin yang dibebankan hanya Rp5.000 saja.

BNI Tabungan Haji tidak dikenakan biaya administrasi apa pun hingga proses keberangkatan. Terakhir, BNI TAPENAS akan dikenakan biaya administrasi sekitar Rp18.000 per bulannya.

Baca juga: Registrasi Rekening Dana Lender BCA dibuka di Akhir Tahun Ini!

5. Bank Tabungan Negara (BTN)

Bank Tabungan Negara memberlakukan biaya admin sesuai dengan jenis produk yang dipakai. BTN Batara ada biaya admin sekitar Rp12.500 per bulan. Selanjutnya BTN Cermat yang dipakai untuk masyarakat kecil tidak dikenakan biaya sama sekali.

Tabungan BTN EbataraPos sekitar Rp4.000 kalau saldo yang mengendap di bawah Rp1 juta selama akhir periode bulan. Selanjutnya tabungan BTN khusus untuk TKI, biaya administrasi per bulannya sekitar Rp3.000. Terakhir BTN Juara dikenakan Rp2.000 per bulan dan BTN Junio tidak ada biaya sama sekali.

6. CIMB Niaga

Produk CIMB Niaga Xtra memiliki biaya admin per bulan Rp17.500. Biaya administrasi ini bisa gratis kalau Anda memiliki saldo rata-rata per bulan di atas Rp25 juta. Biasanya pemotongan akan dilakukan pada minggu terakhir saat Anda melakukan pengecekan rekening di ATM atau dengan memakai mobile banking.

Biaya administrasi lain yang akan dikenakan adalah tarik tunai di ATM Bersama, satu kali transaksi akan dikenakan biaya sekitar Rp7.500. Selanjutnya biaya transfer antar bank secara realtime mulai Rp6.500. Admin untuk transfer secara kliring sekitar Rp2.900-Rp25.000 per transaksinya.

Setelah mengetahui berapa besaran admin bank yang diterapkan oleh lembaga keuangan. Anda jadi lebih paham dan bisa berhati-hati dalam melakukan transaksi. Misal hanya dengan memakai ATM tertentu, transfer antar bank, atau memakai platform forwarding untuk mencegah adanya potongan admin.

Nah, kira-kira dalam satu bulan, berapa biaya admin bank yang harus Anda keluarkan? Semoga masih sesuai dengan banyaknya tabungan yang tersimpan dan jenis transaksi yang dilakukan.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]