Mengenal Lebih dalam tentang Food and Beverage

0
12314
Beverage Adalah

Industri di bidang Food and Beverage adalah salah satu sektor yang terus mengalami peningkatan. Pertumbuhan penduduk, tak terkecuali di Indonesia membuat kebutuhan akan industri ini terus bertambah. Perubahan gaya hidup masyarakat yang cenderung mengarah pada hidangan cepat saji membuat perusahaan yang berfokus pada makanan dan minuman ini terus bermunculan. Tak heran jika persaingan bisnis di bidang ini pun semakin ketat. 

Apa Itu Food and Beverage?

Singkatnya, Food and Beverage adalah salah satu industri yang berfokus untuk mengolah dan menghidangkan makanan maupun minuman. Bentuk industri ini menjadi departemen atau divisi dalam bisnis perhotelan, terutama hotel berbintang. Tugas utamanya adalah memenuhi berbagai kebutuhan para tamu akan makanan maupun minuman. Tentunya, bagian ini dikelola secara profesional dengan tujuan komersial. 

Tugas Divisi Food and Beverage

Secara umum, divisi Food and Beverage atau F&B bertugas dan bertanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dalam kaitannya dengan makanan dan minuman. Inilah mengapa, sektor F&B menjadi salah satu penilaian kualitas pelayanan hotel. Selain itu, bagian ini juga memiliki tugas untuk:

  • Melakukan pengecekan sekaligus membersihkan semua alat yang menjadi fasilitas F&B.
  • Melakukan pengecekan dan membersihkan semua area tempat makan sesuai dengan standar yang berlaku sebelum pelanggan atau tamu berkunjung.
  • Menyediakan ruangan untuk pelanggan yang ingin menyewa dan menggunakan untuk kepentingan pribadi maupun bisnis.
  • Memastikan keselamatan dan kenyamanan para karyawan sekaligus pelanggan.
  • Mengolah bahan mentah menjadi makanan siap santap dengan rasa terbaik.
  • Melakukan inovasi untuk dapat memberikan variasi menu baru. 

Pelayanan Food and Beverage Service

Food and Beverage adalah divisi dengan beberapa sektor pelayanan lain. Adapun sektor yang masih menjadi satu bagian dengan divisi F&B yaitu:

Restoran

Restoran dijalankan atau dikelola dengan tujuan komersial yang menyuguhkan pelayanan dalam bentuk makanan dan minuman kepada para pelanggan yang datang 

Bar

Selain itu, ada pula bar yang menawarkan berbagai menu minuman. Jenisnya bisa minuman dengan kandungan alkohol maupun non-alkohol yang bisa dikonsumsi langsung atau bawa pulang. Bentuk bar sendiri bisa berupa konter atau area kecil yang tergabung dengan restoran. 

Banquet

Banquet menawarkan layanan pesta atau jamuan dari pelanggan yang melakukan pemesanan di hotel. Semua aktivitas telah dihitung oleh pihak hotel, mulai dari jumlah tamu, waktu pelaksanaan, hingga menu yang dihidangkan. 

Layanan Kamar (Room Service)

Seperti namanya, layanan kamar memiliki tugas untuk memberikan pelayanan pengantaran makanan dan minuman langsung ke kamar tamu yang melakukan pesanan. Serupa dengan pemesanan langsung pada waiter, para pelanggan atau tamu bisa melakukan pemesanan langsung melalui telepon kamar. 

Baca juga: Empat Tahun Akselerasi Bersama Akseleran Memajukan Negeri

Tips Melakukan Bisnis Food and Beverage

Semakin pesat perkembangan zaman, industri di bidang Food and Beverage juga semakin berkembang lebih cepat. Terlebih dengan peningkatan kebutuhan masyarakat akan kebutuhan layanan makanan dan minuman di berbagai sektor bisnis, termasuk kantin kantor, sekolah, pesawat, kereta api, hotel, hingga rumah sakit. Jika Anda hendak memulai bisnis di bidang Food and Beverage, berikut beberapa tips yang dapat Anda ikuti:

Utamakan Kepuasan Para Pelanggan

Fungsi paling mendasar dari bisnis Food and Beverage adalah memenuhi kebutuhan para pelanggan akan makanan maupun minuman. Jadi, pastikan bisnis yang hendak Anda lakukan dapat memuaskan para pelanggan dengan berbagai sajian makanan dan minuman yang ditawarkan. 

Memiliki Rencana Bisnis

Sebagai pelaku bisnis, sangat penting untuk melakukan pengamatan pasar. Ini guna mengetahui kebutuhan pasar dan menentukan arah maupun strategi bisnis yang tepat. Selain itu, memiliki rencana bisnis pastinya membuat Anda mengetahui besar modal yang dibutuhkan. 

Memiliki SOP

Supaya bisnis F&B Anda bisa mendapatkan keuntungan maksimal, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menjaga kualitas, baik dari segi rasa, menu, hingga pelayanan kepada pelanggan. Jadi, Anda harus memastikan bahwa bisnis telah sesuai dengan SOP yang ditetapkan. 

Kesimpulannya, Food and Beverage adalah industri yang berfokus pada makanan maupun minuman. Sudah pasti, dibutuhkan strategi bisnis yang matang dan inovasi yang berkelanjutan sehingga bisnis tetap mampu bersaing. Tak lupa, pelayanan maksimal untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Semoga bermanfaat.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].