Niat Berkurban Idul Adha? Simak dulu Beberapa Cara Mudahnya Disini!

0
412
berkurban idul adha

Berkurban Idul Adha – Beberapa hari lagi sebagian umat islam akan merayakan hari raya idul adha, artinya mereka juga akan berkurban untuk menyempurnakan hari raya tersebut. Kenapa dikatakan dapat menyempurnakan hari raya tersebut? Karena maksud dan tujuan dari berkurban ini adalah untuk mengajarkan kita bahwa kita harus mengorbankan harta kita untuk berbagi kepada mereka yang membutuhkan. Dalam hal ini kita mengorbankan hewan (kambing dan sapi) yang nantinya akan dibagikan kepada mereka yang tidak mampu menikmati daging hewan ternak setiap harinya.

Nah, untuk kamu sebagai umat islam tentunya ingin berpartisipasi dalam ibadah yang satu ini bukan? Ibadah yang hanya datang selama 1 tahun sekali ini tentunya sayang sekali apabila kita melewatkannya. 

Masalahnya, harga hewan ternak yang relatif tidak murah kadang membuat orang lupa untuk mempersiapkan dananya terlebih dahulu. Untuk kambing sendiri, di tahun 2019 harganya berkisar Rp 2 juta hingga Rp 3 juta per ekor. Sedangkan untuk sapi di tahun ini per ekornya mencapai Rp 20 juta hingga Rp 30 juta tergantung kualitas dari sapi itu sendiri. Namun, untuk sapi kita dapat membaginya menjadi 7 orang untuk meringankannya.

Untuk itu kamu perlu mempersiapkan dananya terlebih dahulu agar tidak kebingungan saat akan membeli kurbannya. Lalu, bagaimana cara terbaik untuk mempersiapkan dananya dengan lebih mudah? Simak bahasannya di bawah ini:

  • Tentukan Hewan Ternak Yang Akan Dikurbankan

Saat akan merencanakan keuangan, ketika kamu ingin membeli atau merencanakan sesuatu. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mempersiapkan dana sesuai dengan apa yang kamu perlukan. 

Karena itu, kamu perlu menentukan terlebih dahulu hewan ternak apa yang ingin kamu kurbankan, apakah kambing, domba atau sapi. Dari setiap hewan ternak ini tentunya memiliki harga yang berbeda-beda. Jadi, dengan menentukan jenis hewan ternak yang dikurbankan, perencanaan keuangan yang kamu buat juga lebih terarah tujuannya.

  • Cek Harga Hewan Ternak

Saat sudah menentukan jenis hewan ternak yang akan dikurbankan, maka langkah selanjutnya adalah mengecek harga hewan ternak tersebut. Seiring perkembangan dunia digital yang memudahkan segalanya, membuat banyak penjual-penjual yang memasarkan produknya secara online. Hal itu juga yang membuat banyak penjual hewan kurban memasarkan hewan ternaknya secara online.

Saat membeli hewan ternak secara online kamu perlu memastikan detail dari hewan tersebut. Tidak hanya kesehatan dan kebersihan hewannya, tetapi pastikan juga membeli hewan kurban yang sesuai dengan kemampuan dana kamu. Jangan sampai memaksakan diri dengan membeli yang mahal tetapi melakukan hutang sana sini. 

Ingat! Berkurban bukan suatu hal yang memaksa atau keterpaksaan, namun berkurban adalah suatu kerelaan dari setiap umat islam.

  • Persiapkan Satu Tahun Sebelumnya

Segala sesuatu yang kamu inginkan baiknya untuk direncanakan terlebih dahulu, jangan membelinya secara mendadak. Mengapa perlu mempersiapkan terlebih dahulu? Hal ini dilakukan agar meringankanmu. Coba bayangkan, kurang dari 1 bulan umat muslim akan merayakan hari raya idul adha dan kita langsung membeli kambing dengan harga Rp 3 juta. Tentu hal ini akan membuat pengeluaran kamu membengkak dan dapat menyebabkan kamu meminjam dana kesana kesini untuk kebutuhan lainnya.

Baca juga: 6 Tahapan Mudah Untuk Pengelolaan Keuangan!

Karenanya, saat kamu ingin berkurban usahakan untuk mempersiapkan minimal 1 tahun sebelumnya agar dapat mengalokasikan dananya untuk berkurban. Seperti contoh, kamu merencanakan untuk berkurban kambing tahun depan, harga kambing tersebut di kisaran Rp 3 juta. Maka setidaknya kamu dapat mengalokasikan Rp 250 rb per bulan untuk kurban tahun depan. Hal ini akan lebih mempermudah kamu, bukan?

  • Lakukan Investasi

Mungkin juga banyak yang bingung mengenai baiknya ditabung dimana, bagaimana dan skemanya seperti apa. Nah, apabila kamu memang ingin menyimpan dana kamu untuk jangka waktu 1 tahun kedepan artinya kamu membutuhkan sebuah tempat untuk menyimpan dana tersebut.

Kamu bisa saja menabung di Bank, namun sayang sekali apabila kamu menabung selama 1 tahun di Bank uang kamu tidak akan berkembang. Karena itu, apabila kamu memiliki rencana untuk 1 tahun kedepan, lebih baik kamu menggunakan investasi yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Salah satu instrumen investasi yang dapat kamu coba yaitu investasi P2P Lending. Investasi jangka pendek ini memiliki kemudahan untuk para pemula dalam dunia investasi, sekaligus investasi ini juga memiliki imbal hasil yang relatif cukup baik dibandingkan instrumen investasi lainnya.

Kuatkan Niat Kamu dan Siap Untuk Ibadah yang Lebih Baik Kedepan!

Saat kamu sudah memiliki niat yang baik, tentu kemudahan akan niat yang kamu jalani itu akan membuahkan hasil serta memudahkan proses mencapai hasil itu.

Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil 18%-21% per tahun di Akseleran

BLOG100 Akseleran Apps

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan langsung bisa juga menghubungi Eben (+62811-9300443) atau untuk pinjaman dana usaha kamu bisa menghubungi Omar (+62812-9799-7917) dan Rizky (+62811-1312-309) atau bisa via email cs@akseleran.com.

Selamat Berinvestasi!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here