Beragam Kegunaan Minyak Kelapa Sawit

0
1946

Indonesia sebagai satu negara penghasil sawit terbesar di dunia dan menjadi salah satu sumber devisa dari ekspor non migas terbesar dalam pos APBN. Besarnya pendapatan negara dari kelapa sawit, tidak lepas dari banyaknya manfaat yang bisa diperoleh dari tumbuhan jenis akar serabut ini. Banyak manfaat praktis dari minyak ini diantaranya langsung berhubungan dengan kebutuhan harian manusia. Yang menjadi pertanyaan banyak orang, untuk apa saja kegunaan minyak sawit? berikut ini sejumlah kegunaan minyak kelapa sawit.

  1. Minyak Goreng

Minyak goreng yang merupakan kebutuhan sehari-hari dari manusia. Dari hasil pengolahan minyak sawit (CPO), minyak goreng dihasilkan dari minyak nabati dan minyak bukan nabati. Minyak nabati adalah bahan dasar dari produk minyak goreng dan margarin. Sementara minyak bukan nabati adalah bahan dasar dari biodiesel dan sabun atau lainnya. Penggunaannya minyak goreng sangat banyak mulai dari rumah tangga, restoran, sampai industri besar seperti pabrik makanan ringan.

  1. Produk Makanan

Produk turunan dari minyak sawit sebagai minyak makanan, tidak banyak dikembangkan sebagai minyak goreng dan margarin semata tetapi juga dikembangkan hingga menghasilkan berbagai produk specialty fats, salah satunya, Cocoa Butter Subtitute (CBS). Hampir semua produk coklat yang dikonsumsi masyarakat dunia, pasti menggunakan CBS sebagai pencampur produk makanannya. Produk turunan dari minyak sawit  ini tidak hanya sebatas cokelat, yang lainnya seperti selai kacang, krimer, hingga berbagai kue kering dan biskuit.

  1. Biodiesel

Sawit juga bisa digunakan untuk kebutuhan kendaraan bermotor, sebagai campuran bahan bakar biodiesel. Sejak 2015, pemerintah Indonesia gencar meningkatkan pemanfaatan minyak nabati sebagai bahan bakar. Konsep ini dituangkan dalam biodiesel. Minyak sawit dicampurkan ke dalam solar dalam takaran tertentu, atau bisa 100 persen minyak sawit sebagai bahan bakar nabati (BBN). Selain itu, diesel juga sering dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik. Bahan bakar utama dari diesel dapat diperoleh dengan menggunakan campuran dari minyak kelapas sawit, yang dinilai rama lingkungan, dibandingkan bahan bakar diesel biasa.

  1. Kosmetik

Produk kosmetik di dunia mengandung minyak kelapa sawit? menggunakan minyak sawit dan turunannya sebagai bahan baku kosmetik dapat menghasilkan produk kosmetik yang bebas dari senyawa hidrokarbon polisiklik aromatic yang berbahaya bagi kulit manusia. Salah satu turunan minyak sawit yang dapat dikembangkan menjadi bahan formulasi kosmetik ialah Metalik Stearat. Dalam dunia kosmetik, Metalik Stearat banyak digunakan dalam formulasi produk makeup seperti eyeliner, eyeshadow, maskara, lipstik, blusher, bedak wajah dan foundation. Metalik stearat juga digunakan dalam wewangian, deodoran, serta produk perawatan rambut dan kulit.

  1. Pelumas dan bahan baku industri baja

Minyak sawit juga dapat menjadi bahan baku untuk minyak pelumas. Kebanyakan digunakan untuk melumasi bagian luar mesin. Sementara itu dalam industri baja, minyak kelapa sawit juga digunakan untuk melapisi pada baja dan besi agar menjadi lebih tahan terhadap karat dan juga korosi.

  1. Dapat menjadi kompos

Yang terakhir, kelapa sawit dapat menjadi kompos, alias pupuk. Ampas dari buah kelapa sawit, dan juga daun kelapa sawit dapat diolah dalam bentuk pupuk kompos. Pupuk kompos ini dapat membantu menyuburkan tanah dan dapat membantu pertumbuhan tanaman menjadi lebih baik, karena mengandung unsur-unsur hara.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Raymas Putro I Editor: Rimba Laut