8 Negara yang Sudah Bebas Masker!

0
790
Bebas Masker
Bebas Masker

Banyak negara di dunia yang saat ini sekarang masih berjuang keluar dari gelombang kedua covid-19. Dari banyaknya negara yang mengalami gelombang kedua covid-19 ini, Indonesia menjadi salah satu negara yang kasus hariannya sangat tinggi yaitu hingga 54 ribu kasus dan terus meningkat setiap harinya. 

Namun, ada yang masih berjuang tetapi ada juga negara yang sudah bebas covid dan mulai merenggangkan pengetatan aturan-aturan yang sudah dibuat sebelumnya. Salah satunya dengan melepass masker dan menyatakan masyarakat akhirnya bebas masker.

Dari kebijakan tersebut tentu sudah diputuskan dan dipertimbangkan melalui banyaknya aspek mulai dari sudah melakukan vaksinasi hingga 50% lebih untuk masyarakatnya hingga penurunan kasus aktif harian yang signifikan. Jadi, mana saja sih negara bebas masker?

8 Negara yang Sudah ‘Menikmati’ Bebas Masker

  • Amerika Serikat (AS)

Amerika Serikat menjadi salah satu negara yang lebih dahulu memberikan himbauan bahwa masyarakat sudah bisa bebas masker. Dimulai dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat yang mencabut aturan memakai masker bagi warga yang sudah mendapatkan vaksin covid-19. Menurut Direktur CDC mengatakan bahwa siapapun yang telah mendapatkan vaksin lengkap dalam hal ini 2 dosis, maka dapat melakukan kegiatan di luar ruangan tanpa masker atau menjaga jarak fisik.

  • Perancis

Pemerintah perancis juga sudah mengizinkan masyarakatnya untuk beraktivitas di luar tanpa menggunakan masker atau bebas masker, namun peraturan ini sifatnya masih terbatas. Sifat terbatas di sini maksudnya pemakaian masker ini masih diwajibkan di beberapa tempat seperti contohnya transportasi umum, stadion dan tempat yang sifatnya berkerumun.

  • Denmark

Negara Eropa lainnya yaitu Denmark juga telah mengumumkan sejak tanggal 14 Juni 2021 bahwa warganya boleh tidak menggunakan masker, terkecuali mereka yang menggunakan transportasi umum. Menyusul hal tersebut pemerintah Denmark juga telah melonggarkan aturan lockdown, selain itu ke depannya pemerintah Denmark akan sepenuhnya menghapus peraturan penggunaan masker pada September 2021.

  • Spanyol

Per tanggal 26 Juni 2021 lalu juga warga Spanyol juga diizinkan untuk keluar rumah tanpa menggunakan masker, namun tetap harus menjaga jarak satu sama lain. Meski demikian, warga Spanyol juga tetap harus membawa masker saat keluar rumah untuk berjaga-jaga apabila situasi tidak dapat untuk menjaga jarak sehingga kita dapat menggunakan masker tersebut.

  • Yunani

Yunani telah mengakhiri aturan pemakaian masker wajah di luar ruangan sejak 24 Juni 2021. Melihat angka kasus Covid-19 yang semakin menurun inilah yang menjadi alasan pemerintah akhirnya memutuskan untuk bebas masker di luar ruangan.

  • Italia

Seperti yang kita ketahui Italia sempat menjadi salah satu negara yang paling parah saat terdampak Covid-19 ini. Namun, di pertengahan 2021 ini atau per tanggal 28 Juni 2021 Pemerintah Italia melalui Menteri Kesehatannya mengatakan bahwa pencapaian ini adalah hal yang menggembirakan, namun pihaknya tetap akan berhati-hati dan tetap mewaspadai warganya terkait varian pada virus Corona ini.

Baca juga: 6 Jenis Serta Harga Vaksin Covid yang Perlu Kamu Ketahui!

  • Islandia

Pada 26 Juni 2021 Islandia telah mengumumkan bahwa tidak ada lagi pembatasan pandemi Covid-19 di Islandia atau menyatakan bahwa Islandia adalah sudah menjadi negara bebas covid. Dengan demikian, pemakaian masker serta aturan jaga jarak di islandia telah dicabut. Islandia memang menjadi salah satu negara yang paling baik dalam mengatasi kasus Covid-19 di dalam negaranya karena konsisten dalam menerapkan segala aturannya.

  • Korea Selatan

Terakhir ada Korea Selatan yang sudah melakukan vaksinasi secara hampir menyeluruh kepada warganya sehingga akhirnya pemerintah Korea Selatan mengizinkan untuk warganya tidak memakai masker saat berada di luar ruangan. Kim Boo-Kyum selaku Perdana Menteri Korea Selatan mengatakan izin yang diberikan ini karena lebih dari 70% warganya sudah mendapatkan dosis pertama vaksin Covid-19.

Jadi, sudah tidak sabar kan untuk ikut dengan 8 negara di atas untuk bebas masker dan menjadi negara bebas covid? Yuk patuhi segala aturan yang ada dan terus terapkan protokol kesehatan yang konsisten sehingga dapat menekan angka Covid-19 di Indonesia.

Lagi PPKM Darurat dan Bingung Cara Passive Income? Yuk! Mulai kembangkan Dana di Akseleran dengan Keuntungan Hingga 16% Per Tahun

Bagi kamu yang ingin mulai mendapatkan passive income sekaligus membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 16% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].