Bank Indonesia Perkenalkan Rupiah Digital

0
470
Bank Indonesia Perkenalkan Rupiah Digital

Pada akhir November 2022 yang lalu, Bank Indonesia (BI) resmi memperkenalkan rupiah digital dalam Pertemuan Tahunan Bank. Proyek rupiah digital yang dinamakan Proyek Garuda ini dijelaskan dalam whitepaper yang telah diunggah BI. Inisiasi rupiah digital ini merupakan salah satu upaya untuk mendorong agenda transformasi digital nasional, khususnya upaya mengintegrasikan ekonomi dan keuangan digital.

Dilansir dari laman BI, Proyek Garuda akan dikembangkan melalui tiga tahapan. Tahap pertama adalah dengan mengembangkan Digital Rupiah untuk segmen wholesale, untuk model bisnis penerbitan dan transfer antarbank dengan Digital Rupiah. Selanjutnya, tahap pengembangan Digital Rupiah yang akan diperluas dengan bisnis operasi moneter dan pasar uang. Tahap terakhir, BI akan mengembangkan integrasi Digital Rupiah pada segmen wholesale rupiah dengan ritel secara end-to-end dengan sinergi dan kolaborasi secara nasional dan internasional.

Rupiah digital nantinya akan berfungsi sama seperti uang pada umumnya yaitu sebagai alat tukar atau alat pembayaran. Hanya saja yang membedakannya, nantinya rupiah digital ini diperuntukkan untuk transaksi-transaksi digital mulai dari digital bank, e-commerce, hingga metaverse. Rupiah digital akan dibangun dalam fitur desain yang tangguh dan memungkinkan pengembangan-pengembangan model bisnis baru yang inovatif, inklusif, dan mendorong efisiensi.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut