ATM Mandiri: Lokasi, Tips hingga Cara Mudah Menggunakan Layanan Mesin ATM Bank Mandiri

0
575
ATM Mandiri

Mesin ATM memungkinkan nasabah untuk melakukan transaksi keuangan secara mandiri dengan fleksibel dan aman, tanpa perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar ke mana-mana.

ATM Mandiri adalah salah satu jenis atm yang paling mudah Anda temukan di mana pun. Hal ini karena bank-nya termasuk terbesar di Indonesia dengan nasabah yang tersebar di berbagai wilayah. Maka tidak mengherankan ATM Bank Mandiri terdekat mudah ditemukan.

Jika Anda hendak menjadi nasabah di Bank Mandiri dan hendak memanfaatkan fasiliitas kartu ATM Mandiri, maka silakan simak informasi di bawah ini!

Mengenal Layanan ATM Bank Mandiri 

Bank Mandiri merupakan salah satu bank terbesar di Indonesia dengan nasabah dari berbagai wilayah. Banyak nasabah yang mempercayakan transaksinya ke bank ini karena kredibilitas yang telah terjaga sejak lama.

Bahkan dalam data rilisan Forbes pada tahun 2023 ini, Bank Mandiri yang berkantor pusat di Jakarta ini masuk ke dalam peringkat keempat sebagai bank terbaik di Indonesia. 

Maka tidak mengherankan pula semakin banyak orang yang berminat menggunakan bank mandiri untuk bertransaksi. Bank Mandiri terbentuk pada 2 Oktober 1998 oleh pemerintah Indonesia sebagai salah satu usaha untuk melakukan restrukturisasi perbankan saat itu.

Pada Juli 1999, empat bank milik pemerintah kemudian dilebur untuk tergabung menjadi Bank Mandiri. Keempat bank tersebut adalah Bank Dagang Negara, Bank Bumi Daya, Bank Pembangunan Indonesia, serta Bank Ekspor Impor Indonesia.

Hingga sekarang berbagai usaha untuk memberikan pelayanan terbaik selalu disediakan oleh bank ini. Salah satu cara untuk meningkatkan kinerja dan memberikan kepuasan kepada konsumen, Bank Mandiri menyediakan mesin ATM yang dapat membantu berbagai transaksi nasabah.

Dengan mesin ATM ini, Anda tidak hanya bisa mengambil uang, melainkan juga bisa mengirim uang, mengisi pulsa, tagihan listrik, serta transaksi lainnya. 

Mengingat animo masyarakat yang tinggi, saat ini Bank Mandiri telah menyediakan lebih dari 17.325 mesin ATM yang berada di semua pelosok Indonesia.

Jadi apabila Anda berminat menjadi nasabah Bank Mandiri, tidak perlu risau ketika Anda hendak mencari ATM Bank Mandiri terdekat. Karena hampir semua wilayah sudah menyediakan mesin ini untuk Anda.

Cara Menggunakan ATM Mandiri untuk Berbagai Transaksi

Hingga sekarang, sudah tersedia lebih dari 100 layanan atau fitur yang bisa Anda manfaatkan di ATM Bank Mandiri. Karena banyaknya layanan yang tersedia, mak kehadirannya terus diperlukan, walaupun layanan e-banking juga sudah tersedia.

Salah satu keunggulan dari kehadiran ATM Bank Mandiri adalah ketika Anda bisa mengambil uang tunai di mesinnya, tanpa harus mendatangi teller bank.

Nah, untuk beberapa transaksi umum yang akan sering Anda gunakan, silakan simak beberapa tutorial di bawah ini:

1. Tarik Tunai  

Cara ambil uang di ATM Bank Mandiri dengan menggunakan kartu antara lain:

  • Kunjungi ATM Bank Mandiri terdekat dengan domisili atau lokasi Anda sekarang
  • Setelah berada di ATM, silakan masukkan kartu Anda ke bagian slot untuk kartu yang berada pada bagian kanan mesin.
  • Lalu tentukanlah bahasa yang akan membantu Anda dalam bertransaksi, di mana pilihannya ada dua, yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Arab.
  • Kemudian masukkanlah PIN ATM, yang berjumlah enam digit angka dengan tepat agar rekening tabungan tidak terblokir
  • Silakan klik menu “Penarikan Jumlah Lain” dan masukkan nominal uang yang ingin Anda tarik saat itu. Jika ATM-nya menyediakan uang Rp50.000, maka dalam satu kali penarikan, maka limit ATM Mandiri maksimal Rp1.250.000. Sedangkan jika yang tersedia uang Rp100.000, maka sekali penarikan maksimal Rp2.500.000
  • Jika sudah yakin dengan nominal uangnya, Anda dapat menekan tombol “Benar”. Jika ingin mengambil resi, maka pada pertanyaan seputar resi, silakan klik “Ya”. Namun jika Anda tidak butuh resi, silakan klik “Tidak”.
  • Tunggu sampai uang keluar dan pilih menu “Keluar” agar bisa mengambil kartu ATM

Baca juga: Digital Banking: Solusi Investasi Modern yang Mudah dan Efisien

2. Transfer Sesama Bank Mandiri

Apabila Anda hendak mengirimkan uang kepada orang lain yang juga menggunakan jenis ATM Mandiri, maka langkahnya sebagai berikut:

  • Masukkanlah kartu ATM ke dalam slot kartu sesuai dengan posisi yang tepat agar transaksi dapat berlanjut.
  • Pilihlah “Bahasa Indonesia” atau “Bahasa Inggris”, dan masukkan enam digit PIN Anda dengan benar
  • Setelah itu, klik pilihan “Transaksi Lainnya” dan pilih opsi “Transfer”
  • Di sana Anda bisa memilih opsi ke “Rekening Mandiri”. Lalu masukkanlah nomor rekening tujuan dan nominal uang yang akan dikirimkan
  • Baca kembali tulisan pada konfirmasi transfer dan tekan “Benar” jika sudah tepat
  • Transaksi pun berhasil dan Anda dapat segera mengeluarkan kartu jika tidak ada keperluan lain

3. Transfer ke Bank Lain

Apabila penerima uang memiliki rekening di bank lainnya, maka langkah transfer yang bisa Anda ikuti adalah:

  • Silakan masukkan kartu ATM, pilih bahasa, dan masukkan PIN dengan benar
  • Selanjutnya klik opsi “Transaksi Lainnya” dan pilih menu “Transfer”
  • Pilihlah opsi “Antar Bank Online” dan masukkan tiga digit kode bank tujuan Anda, lalu ikuti dengan nomor rekening penerima
  • Jika sudah, silakan masukkan nominal uang yang akan Anda kirim dan pilihlah opsi “Benar”
  • Perhatikan informasi yang tertera di layar untuk melihat keakuratan data, jika sudah sesuai, klik “Ya”
  • Proses transfer pun berhasil. Anda akan mendapatkan resi sebagai bukti

Lokasi ATM Bank Mandiri

Untuk menemukan lokasi ATM Mandiri terdekat, cara simpelnya, Anda bisa mengunjungi kantor cabang bank terdekat, karena ATM biasanya pasti ada di sana.

Namun jika Anda belum familier dengan wilayah tersebut dan kebingungan mencarinya, maka silakan hubungi Mandiri Call pada nomor 14000 dan tanyakan pada CS. 

Atau jika ingin melihat daftar lokasi ATM Bank Mandiri secara lengkap, Anda dapat klik link ini karena semua lokasinya telah tercantum lengkap.

Tips Bertransaksi di ATM dengan Aman

Agar proses transaksi Anda berjalan lancar dan aman, maka beberapa tips di bawah ini dapat diikuti, yaitu:

  • Pastikan untuk menjaga kerahasiaan mengenai PIN ATM kepada siapa pun, terutama saat berada di mesinnya. Lalu ketika hendak memasukkan PIN, silakan tutupi angka-angkanya menggunakan jari atau tangan. Pastikan juga orang lain di belakang Anda tidak dapat melihat nomor kartu dan PIN-nya
  • Jika menemukan hal mencurigakan di mesin ATM Bank Mandiri, segeralah batalkan transaksi yang akan dilakukan. Hal mencurigakan bisa berupa benda asing atau kabel yang tidak lazim. Lalu segera laporkan ke bank untuk mendapat penanganan
  • Setelah bertransaksi, periksa kembali bukti tersebut. Sebaiknya simpan bukti tersebut ke dalam dompet
  • Setelah selesai bertransaksi, segeralah mengambil kartu dan uang Anda. Jika terlalu lama tidak diambil, maka keduanya bisa masuk kembali ke dalam mesin.
  • Hindarilah bertransaksi pada ATM yang lokasinya cukup tersembunyi dan gelap
  • Jangan menghitung uang yang Anda ambil di tempat terbuka atau lokasi dengan banyak orang untuk menghindari potensi kejahatan
  • Apabila kartu tertelan mesin, segera hubungi petugas bank atau Mandiri Call 14000 dan minta pemblokiran kartu

Karena banyaknya layanan dan cabang ATM Mandiri, maka Anda bisa memilih bank ini untuk menabung atau transaksi lainnya. Selama menggunakan kartu di ATM, pastikan juga mengikuti tips di atas agar transaksi Anda aman.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

Yuk! Gunakan kode promo BLOG50 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].

New-BLOG50-banner