Pentingnya Memiliki Asuransi di Masa Seperti Ini

0
1240
Asuransi Adalah

Sejak pemerintah mengumumkan Indonesia darurat wabah Covid-19, virus yang menyebar dari kota Wuhan, Tiongkok ini telah memakan banyak korban. Situasi seperti ini pun membuat masyarakat sadar betapa pentingnya menjaga kesehatan guna melindungi imunitas serta menghindari penularan. 

Beberapa bahkan berpikir bahwa memiliki asuransi adalah cara terbaik untuk meminimalisasi kerugian apabila terjangkit virus Covid-19. Di sisi lain, masih banyak masyarakat yang enggan menyisihkan pemasukan bulanan demi membayar biaya asuransi.

Nah, jika masih ragu untuk mengikuti program asuransi, coba simak terlebih dahulu apa saja manfaat memiliki asuransi berikut ini.

Manfaat Memiliki Asuransi 

Sudah tahu apa keuntungan apa saja yang akan diperoleh seseorang saat memiliki sebuah asuransi? Ini dia penjelasannya.

  • Meminimalisasi Kerugian

Bukan rahasia lagi jika memiliki asuransi adalah langkah yang tepat untuk meminimalisasi risiko kerugian finansial di masa depan. Bagaimana bisa? Sebagian besar orang mungkin berpendapat bahwa menabung saja cukup untuk meng-cover kebutuhan hidup.

Faktanya, tak jarang kekayaan yang ada terpaksa dihabiskan untuk membiayai perawatan apabila harus rawat inap akibat suatu penyakit. Kondisi tak terduga seperti ini tentu bisa mengacaukan perencanaan keuangan yang telah dibuat sebelumnya.

Beda halnya jika seseorang memiliki asuransi. Pemegang asuransi bisa menggunakannya untuk membiayai biaya perawatan tanpa mengurangi anggaran lainnya. Jika meninggal dunia, dana yang selama ini dibayarkan sebagai premi asuransi akan menjadi biaya kompensasi bagi keluarga yang ditinggalkan.

  • Mampu Memberikan Layanan Kesehatan Secara Optimal

Selain melindungi kondisi keuangan agar tetap stabil, asuransi swasta mampu memberikan pelayanan secara optimal karena bisa digunakan untuk mengakses layanan secara langsung dan lebih cepat. Dengan begitu, kondisi darurat pun bisa segera ditangani.

  • Asuransi Sebagai Salah Satu Instrumen Investasi

Tahukah Anda jika asuransi juga bisa menjadi sarana untuk berinvestasi? Melalui produk unit link, perusahaan akan menyediakan proteksi sekaligus media bagi nasabah untuk menabung atau berinvestasi. Nantinya, premi yang telah dibayarkan akan memberikan imbal balik sebagai hasil dari investasi. Jadi, asuransi adalah instrumen yang tepat jika Anda ingin menggabungkan pembayaran biaya proteksi sekaligus investasi.

  • Membuat Urusan Finansial Lebih Terencana

Alasan terakhir mengapa memiliki asuransi cukup menguntungkan karena akan membantu Anda dalam merencanakan urusan finansial. Ya, secara tidak langsung Anda harus menyisihkan sebagian pendapatan bulanan untuk membayar premi asuransi. Dengan begini, Anda akan lebih bijak dalam mengelola keuangan.

Tips Memilih Asuransi

Setelah mengetahui manfaat asuransi, jika tertarik memilikinya Anda juga harus tahu bagaimana cara memilih asuransi yang tepat. Begini trik melakukannya.

  • Pertimbangkan Kebutuhan

Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum mendaftar asuransi, salah satunya adalah menyesuaikan produk asuransi dengan kebutuhan Anda. Sebagai contoh, Anda ingin seluruh anggota keluarga memiliki asuransi. Alih-alih mendaftar perorangan, Anda bisa memilih layanan asuransi yang mencakup anggota keluarga dalam satu polis. Biasanya biaya yang dikeluarkan lebih murah.

  • Perhatikan Biaya Premi

Selain menyesuaikan kebutuhan, tarif premi juga harus disesuaikan dengan kondisi bujet bulanan. Sebagai saran bagi pemula, mulailah dari asuransi dengan harga terjangkau supaya urusan pembayaran premi tidak menjadi beban finansial. Jika ingin menambah layanan, Anda masih bisa melakukannya di lain waktu selama kondisi keuangan mencukupi.

Baca juga: Pendanaan Jadi Semakin Aman dengan Proteksi Asuransi Kredit di Akseleran!

  • Cari Tahu Latar Belakang Perusahaan Asuransi

Masa pandemi seperti sekarang tampaknya menjadi peluang bagi perusahaan asuransi untuk menawarkan produknya. Meski tawaran datang dari berbagai jenis perusahaan, namun jangan buru-buru untuk memutuskannya. Sebelumnya Anda perlu mencari tahu bagaimana track record perusahaan.

Usia perusahaan sejatinya bukan jaminan bahwa perusahaan tersebut bagus. Silakan mencari tahu track record perusahaan melalui pemberitaan terbaru. Perhatikan pula apakah perusahaan tersebut punya catatan buruk. Perusahaan asuransi yang baik biasanya diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta memiliki Risk Based Capital (RBC) minimal 120 persen.

Kedua hal tersebut patut ditelusuri guna memastikan bahwa perusahaan asuransi benar-benar mampu memenuhi klaim saat dibutuhkan.

Asuransi adalah salah satu bentuk perlindungan diri yang perlu dipersiapkan selama pandemi. Selagi masih sehat dan berpenghasilan, maka tak ada salahnya menyisikan sebagian penghasilan untuk asuransi. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 10,5%-12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]