Apa itu Willingness to Pay?

1
1313
Apa itu Willingness to Pay?

Ketika memutuskan untuk menjalankan suatu bisnis, kamu sudah harus memiliki target pasar yang dituju. Tiap target tersebut pun memiliki tingkat daya beli yang berbeda, maka menentukan harga yang tepat adalah salah satu hal penting untuk dilakukan. Agar berhasil menjalankan bisnismu, kamu harus memahami willingness to pay konsumenmu.

Willingness to pay (WTP), adalah jumlah harga yang bersedia dibayar oleh seorang konsumen untuk mendapatkan sebuah barang/jasa. WTP setiap orang tentu berbeda-beda, hal ini disebabkan karena adanya perbedaan keadaan dan kondisi yang dialami oleh setiap konsumen. Perbedaan yang dimaksud dapat dikategorikan menjadi 2, yaitu ekstrinsik dan intrinsik.

Ekstrinsik merupakan perbedaan yang terlihat secara jelas seperti umur, gender, pendapatan, edukasi, lokasi tinggal, dan lain sebagainya. Sementara intrinsik merupakan perbedaan yang harus diobservasi terlebih dahulu, seperti hobi, kebiasaan hangout, toleransi risiko dan lainnya.

Berikut ini tips agar kamu bisa memahami WTP konsumenmu dengan baik!

Lakukan Survey

Dengan melakukan survey, kamu bisa mendapatkan jawaban secara langsung dari konsumen, untuk tahu harga atau uang yang rela mereka keluarkan terhadap sebuah barang/ jasa. Data tersebut kemudian bisa menjadi tolak ukur dalam pengambilan keputusan.

Lakukan Eksperimen

Tetapkan beberapa harga yang berbeda pada periode tertentu. Lalu kumpulkan data yang diperoleh dari konsumen, dan gunakan untuk menentukan harga.

Dari hasil survey dan eksperimen yang kamu lakukan, kamu jadi lebih tahu willingness to pay konsumenmu. Setelah itu sesuaikan dengan strategi penentuan harga jual dari produkmu.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut

1 COMMENT

Comments are closed.