Apa Itu Stiff Person Syndrome?

0
333
Apa Itu Stiff Person Syndrome?

Kesadaran masyarakat terhadap stiff person syndrome semakin meningkat setelah penyanyi terkenal Celine Dion mengumumkan bahwa ia menderita kondisi ini. Penyanyi legendaris ini bahkan sampai harus menunda tur eropa yang dijadwalkan pada tahun depan. Lalu apa itu stiff person syndrome dan bagaimana gejalanya?

Stiff person syndrome adalah penyakit langka neurologis progresif yang dianggap sebagai gangguan autoimun. Penyakit ini mempengaruhi sistem saraf dan otot, yang menyebabkan otot kaku dan berkontraksi secara tidak terkendali. Penyakit ini sering kali disertai dengan rasa sakit, kram otot, dan kelemahan otot.

National Institute of Neurological Disorders and Stroke menyebutkan bahwa kondisi ini bisa didiagnosis dengan mengukur kadar antibodi glutamic acid decarboxylase (GAD) melalui tes darah. Stiff person syndrome juga lebih sering menyerang perempuan daripada laki-laki, dan ada beberapa tipe penyakit ini yang masing-masing memiliki gejala yang berbeda.

Gejala stiff person syndrome meliputi otot kaku dan berkontraksi secara tidak terkendali, terutama di bagian tangan, kaki, dan torso. Penderitanya juga bisa menjadi lebih sensitif terhadap suara, sentuhan, dan tekanan emosional yang dapat memicu kejang. Selain itu, penderita juga bisa mengalami masalah pada sistem saraf, seperti kesulitan berjalan, kesulitan berbicara, dan koordinasi yang buruk.

Meskipun penyebab pasti stiff person syndrome masih belum diketahui, beberapa penelitian menunjukkan bahwa faktor genetik dan lingkungan dapat memainkan peran dalam penyakit ini. Selain itu, beberapa faktor pemicu seperti cedera, infeksi, atau stres emosional juga dapat memicu munculnya gejala pada orang yang rentan terhadap penyakit ini.

Sayangnya, sampai saat ini belum ada obat yang dapat menyembuhkan stiff person syndrome. Pengobatan untuk kondisi ini hanya dapat membantu mengurangi gejala dan memperlambat perkembangan penyakit. Pengobatan yang umum dilakukan adalah pemberian obat-obatan, terapi fisik, dan terapi perilaku. Beberapa orang mungkin juga membutuhkan bantuan pernapasan dan dukungan kehidupan lainnya untuk membantu mengatasi gejala yang parah.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut