Apa Itu Inner Child?

0
407
Apa Itu Inner Child?

Inner child adalah istilah yang merujuk pada bagian dalam diri kita yang menyimpan kenangan dan pengalaman masa kecil. Inner child sering diartikan sebagai anak kecil dalam diri kita yang pernah mengalami luka emosional dan trauma saat masih kecil. Seiring dengan bertambahnya usia, inner child seringkali ditekan dan diabaikan, sehingga luka-luka tersebut masih tersimpan dan mempengaruhi kehidupan kita saat dewasa.

Luka inner child bisa terjadi karena berbagai alasan, seperti pola asuh yang salah, kekerasan fisik, emosional, atau seksual, perceraian orang tua, kematian anggota keluarga atau teman dekat, anggota keluarga yang memiliki gangguan kejiwaan atau menyalahgunakan obat-obatan terlarang, dan kejadian traumatis lainnya. Luka-luka ini bisa mempengaruhi kepercayaan diri, hubungan dengan orang lain, dan kesehatan mental kita.

Beberapa tanda bahwa inner childmu terluka antara lain kepercayaan diri yang rendah, mudah menyalahkan diri sendiri atau orang lain, melakukan kekerasan, perundungan, diskriminasi, dan lainnya, bersikap agresif ketika marah, kesulitan mengidentifikasi dan mengakui perasaan sendiri maupun orang lain, dan memiliki trust issue berlebihan. Untuk menyembuhkan luka inner child, ada beberapa hal yang bisa kamu coba.

1. Terima bahwa kamu memiliki luka inner child. Jangan menolak perasaan atau emosi yang muncul. Terimalah bahwa kamu butuh menyembuhkan luka tersebut.

2. Perbaiki hubungan dengan diri sendiri. Jangan menyalahkan diri sendiri karena apa yang terjadi pada masa kecilmu. Ingatlah bahwa kamu tidak bersalah atas apa yang terjadi dan hindari mengambil tanggung jawab atas luka yang terjadi pada masa kecil.

3. Cari dukungan dari orang lain. Terapi dapat menjadi cara yang sangat efektif untuk membantu menyembuhkan luka inner child. Kamu bisa mencari bantuan psikolog dan psikiater jika diperlukan

4. Pelajari dan praktikkan teknik-teknik relaksasi. Teknik-teknik ini dapat membantu kamu menenangkan diri dan mengurangi perasaan yang tidak nyaman.

5. Menemukan kesenangan dalam kehidupan. Cobalah untuk melakukan aktivitas yang menyenangkan dan membuat kamu merasa senang. Ini dapat membantu meredakan perasaan yang tidak nyaman dan membantu kamu mengembangkan hubungan yang lebih positif dengan diri sendiri.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut