Kamu Memiliki Usaha? Sudah Tahu Anjak Piutang Belum?

0
5203
Anjak Piutang

Anjak Piutang – Jika kamu seorang wirausaha, tentunya sudah mengerti dan paham untuk melakukan sesuatu hal yang dapat kamu anggap sebagai hal yang dapat mengembangkan usaha milikmu tersebut. Menjadi seorang pengusaha artinya kamu memiliki kendali penuh terhadap usaha yang kamu jalankan, hal itu juga tidak akan terlepas dari adanya risiko usaha kamu.

Risiko akan selalu ada dalam perkembangan sebuah usaha. Adanya risiko ini juga yang akan berpengaruh terhadap keuangan perusahaan. Apabila perusahaan milikmu tidak memiliki kas yang cukup untuk kegiatan operasional usahanya, tentu ini akan menimbulkan masalah besar. 

Karena itu, salah satu upaya yang dapat dilakukan agar perusahaan tersebut berjalan dengan baik dan optimal adalah mencari pembiayaan. Pembiayaan piutang dan anjak piutang dapat dijadikan opsi. Kedua hal itu sama-sama dapat diandalkan dalam mengatasi permasalahan keuangan yang perusahaan kamu alami. Namun, sebenarnya apa sih pembiayaan piutang dan anjak piutang itu?

Pembiayaan Piutang

Pembiayaan piutang merupakan suatu tindakan dimana meminjamkan uang terhadap sejumlah piutang yang sedang berjalan di sebuah perusahaan. Hal ini juga berguna untuk perusahaan yang membutuhkan dana segar untuk pengembangan perusahaan miliknya atau sebagai dana segar bagi perusahaan yang dapat digunakan untuk mengatasi lambatnya arus kas dan kurang ketersediaan kas perusahaan.

Pihak yang menyediakan dana pinjaman ini biasanya disebut sebagai investor, sedangkan jika kamu membutuhkan dana tersebut kamu disebut dengan borrower. Investor selaku pemberi dana, akan meminjamkan dananya kepada kamu selama masa piutang yang berjalan dan belum tertagihkan. Pinjaman ini juga akan dikenai bunga sesuai yang sudah disepakati.

Keuntungan Pembiayaan Piutang

Setiap pembiayaan tentunya terdapat manfaat untuk perusahaan milikmu. Nah, manfaat dari pembiayaan piutang ini diantaranya:

  • Memperlancar arus kas dalam waktu singkat dan cepat
  • Lebih mudah dalam mendapatkan dana, karena biasanya investor juga akan melihat jaminan pinjaman dari kamu. Hal ini sangat berbeda dibandingkan jika kamu mengajukan pinjaman melalui bank atau lembaga pembiayaan lainnya. Karena biasanya bank akan menjadikan kesehatan perusahaan secara menyeluruh sebagai pertimbangan kamu bisa menerima pinjaman atau tidak.
  • Dapat segera membayar tagihan dan utang perusahaan sehingga berbagai kegiatan perusahaan tetap dapat berjalan dengan optimal

Landing Page Ebook

Anjak Piutang

Anjak piutang atau invoice factoring adalah pembiayaan dengan melakukan pembelian piutang perusahaan. Proses penyedia pinjaman ini investor akan membeli sejumlah piutang kamu yang dalam hal ini kamu sebagai borrower. Semua proses penagihan terhadap pemilik utang akan berpindah menjadi kewajiban investor.

Investor juga akan membayarkan beberapa persen dari total piutang tersebut kepada kamu. Setelahnya, kamu dapat melanjutkan sendiri proses penagihannya terhadap payor. Ketika investor berhasil melakukan penagihan terhadap keseluruhan piutang, maka mereka akan menetapkan jumlah persentase yang dibebankan sebagai biaya layanan penagihannya.

Anjak piutang sangat tepat bagi sebuah perusahaan yang memiliki utang berjalan dengan jangka waktu 60 hingga 90 hari. Anjak piutang juga sangat cocok untuk kamu yang tidak memiliki waktu dalam penagihan piutang tersebut terhadap kliennya atau mereka yang tidak memiliki SDM untuk melakukan itu.

Baca juga: 4 Cara Mengembangkan Dana dengan Mudah!

Keuntungan Anjak Piutang

Dengan menggunakan anjak piutang ini banyak keuntungan yang dapat perusahaan kamu rasakan seperti:

  • Memperlancar arus kas dengan waktu yang lebih singkat
  • Dapat menjadi sumber pembiayaan yang lebih mudah, mengingat investor akan lebih mudah percaya pada sejumlah piutang milikmu
  • Proses yang lebih mudah, sebab penagihan akan dilakukan investor. Sehingga kamu sebagai borrower tidak perlu menghubungi payor agar melunasi piutangnya
  • Menunjukkan keseriusan perusahaan dalam mengurus masalah piutang itu sehingga payor lebih tanggap dalam memberikan respon dari kewajibannya

Perbedaan Pembiayaan Piutang dengan Anjak Piutang

Keduanya memiliki kesamaan yaitu untuk memperlancar arus kas dalam perusahaan dan sama-sama menjadi sumber dana untuk perusahaan. Namun, diantara keduanya juga memiliki perbedaan seperti: 

  • Proses Penagihan

Anjak piutang memiliki kemudahan lebih karena semua proses penagihannya kepada pemilik utang akan dilakukan investor

  • Biaya

Pembiayaan utang akan jauh lebih mahal karena adanya bunga dan fee lainnya yang dikenakan untuk borrower

  • Dampak ke Payor (Pemilik Piutang)

Anjak piutang menggunakan pihak ketiga untuk penagihan sehingga ini akan membuat payor memiliki tanggung jawab lebih terhadap piutang yang dimiliki

Ajukan Pinjaman Sekarang dan Dapatkan Kemudahan Pinjaman Modal Usaha di Akseleran!

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here