9 Pilihan Aktivitas Keluarga Saat Liburan Agar Makin Seru

1
637
aktivitas keluarga saat liburan

Liburan menjadi salah momen yang paling ditunggu setiap anggota keluarga. Kira-kira apa aktivitas keluarga saat liburan yang paling seru dan menyenangkan? 

Pasalnya, pada momen ini, Anda bisa menjumpai setiap anggota keluarga pada saat yang sama. Dengan demikian liburan bisa menjadi momen untuk semakin mempererat keakraban dalam keluarga. 

9 Aktivitas Keluarga saat Liburan

Ide kreatif apa sajakah yang bisa Anda lakukan untuk menghabiskan liburan bersama keluarga? Dapatkan inspirasi ide kreatif aktivitas keluarga saat liburan berikut ini. 

1. Memasak Bersama Keluarga

Aktivitas keluarga saat liburan yang pertama adalah dengan memasak bareng keluarga. Anda bisa mulai dengan cari resep yang mudah dan meriah. Libatkan suami dan anak Anda untuk memasak bersama. Misalnya Anda bisa memasak kue tradisional atau berbagai kukis panggang. 

Acara memasak kue tentu akan menjadi pengalaman seru dan mengesankan bagi keluarga Anda. Anda bisa membagi tugas dengan setiap anggota keluarga. Misal ada yang membuat adonan, membentuk kue, hingga mendekorasi kue kue tersebut.

Setelah matang, Anda bisa menikmatinya di ruang keluarga Anda sambil minum teh. 

2. Pergi Berjalan-jalan di Alam

Meluangkan waktu untuk pergi ke luar di alam tidak boleh diremehkan. Tidak perlu jauh-jauh, Anda bisa pergi jalan-jalan ke lingkungan di sekitar Anda, tentunya ini gratis dan sangat baik untuk jiwa. Misal pergi ke area persawahan sambil melihat ladang menghijau, atau melihat penduduk memanen sawahnya, pergi ke hutan di sekitar Anda, dan sebagainya. 

3. Pergi ke Perpustakaan Lokal Anda 

Ajak anggota keluarga Anda untuk membaca berbagai buku di perpustakaan, tentu ini akan sangat menyenangkan, dan menambah wawasan. Selain itu, ini juga merupakan kebiasaan yang baik. Anda juga dapat membacakan cerita dari buku yang Anda baca kepada anak-anak Anda. 

Ini adalah cara yang bagus untuk menikmati liburan seru bersama keluarga dan beristirahat sejenak dari layar ponsel ataupun laptop Anda untuk bersenang-senang dengan cara yang sehat. 

4. Mengunjungi Museum

Ini bisa menjadi ide bagus untuk menghabiskan waktu liburan. Cara ini dapat menambah wawasan keluarga tentang sejarah, budaya, dan juga seni. Namun, jika Anda mempunyai anggota keluarga yang masih kecil, mengunjungi museum mungkin akan terasa membosankan. 

Anda bisa mengatasinya dengan mengajak mereka untuk menikmati sore dengan berkendara selepas dari museum, atau menikmati makan sore bersama dalam perjalanan pulang dari Museum, dan sebagainya. 

Untuk liburan yang satu ini, estimasi budgetnya adalah sebagai berikut: 

  • Tiket masuk museum dengan 4 anggota keluarga Rp60.000
  • Biaya makan di restaurant: Rp400.000 
  • Biaya untuk kendaraan Rp50.000 
  • Total budget : Rp510.000

Untuk persiapan liburan ini, Anda bisa memilih berbagai model pendanaan di sini. 

5. Berkunjung ke Rumah Kerabat

Berkunjung ke rumah kerabat adalah salah satu aktivitas keluarga saat liburan yang bisa Anda pertimbangkan, karena ini momen untuk mempererat hubungan keluarga. Setiap liburan, sebaiknya luangkan sedikit waktu untuk mengunjungi kerabat Anda, terutama jika kerabat Anda tinggal jauh dari Anda. 

Tentunya cara ini juga bagus untuk memperkenalkan lingkungan baru buat anggota keluarga Anda yang lebih kecil. Tentang bagaimana cara hidup di lingkungan mereka, dan tentunya juga untuk merasakan suasana baru. 

Estimasi budget untuk berkunjung ke sanak saudara:

  • Transportasi: Rp300.000 (mobil pribadi) 
  • Oleh-oleh: Rp300.000
  • Uang saku untuk anak-anak kerabat: Rp400.000 
  • Biaya selama di lokasi: Rp400.000
  • Total budget: Rp1.400.000

Anda bisa menabung terlebih dahulu, atau bisa dengan mengajukan pendanaan di sini

6. Berkemah 

Aktivitas keluarga saat liburan yang tak kalah seru adalah berkemah. Cara ini juga menjadi cara seru untuk menikmati liburan bersama keluarga. Anda bisa berkemah di sekitar rumah maupun berkemah di pantai yang terdekat dengan rumah Anda. 

Dengan berkemah, Anda dan keluarga bisa merasakan nikmatnya tidur di alam. Jika Anda memilih berkemah di pantai, Anda bisa menikmati indahnya matahari terbit bersama keluarga. 

Selain itu, selama berkemah, siapkan juga masakan sederhana. Anda bisa memasaknya bersama keluarga dan menikmatinya di sekitar tenda. Seru sekali!

Estimasi biaya berkemah di pantai untuk 4 anggota keluarga

  • Tiket masuk: Rp60.000
  • Sewa perlengkapan berkemah: Rp200.000
  • Snack dan bahan memasak: Rp300.000
  • Transportasi Rp150.000
  • Total budget: Rp710.000

Untuk aktivitas tersebut, Anda bisa memilih untuk menabung terlebih dahulu atau dengan pengajuan dana finansial di sini

7. Menonton Film di Rumah 

Kegiatan ini juga cocok untuk mengisi waktu liburan bersama keluarga. Siapkan beberapa film keluarga dan tonton bersama. Tanyakan film apakah yang ingin mereka tonton. 

Anda bisa menikmati acara menonton sambil menikmati kue kering yang sudah Anda masak sebelumnya, atau berbagai camilan yang Anda buat bersama anggota keluarga. Tentu ini akan menjadi lebih seru dan berkesan. 

Untuk aktivitas liburan menonton di rumah tentunya Anda perlu menyewa film, mari kita hitung estimasi biayanya. 

  • Snack: Rp100.000
  • Sewa film: Rp50.000 (10 film) 
  • Total budget Rp150.000

Meski biaya untuk liburan ini tidak terlalu mahal, Anda tetap perlu mempersiapkan dana untuk liburan. Anda bisa klik link berikut untuk berbagai penawaran finansial

8. Mendekorasi Ulang Rumah 

Kegiatan berikutnya yaitu mendekorasi ulang rumah Anda. Anda bisa menyusun ulang tata letak kursi maupun sofa Anda. Menata ulang kamar, memperbaiki posisi lemari, dan sebagainya. 

Anda juga bisa membersihkan rumah secara keseluruhan, dan juga mencuci mobil bersama, mencuci sepeda, dan sebagainya. Selain itu, Anda bisa mengajak anggota keluarga untuk berkebun, merapikan taman, menanam tanaman baru, menyiram, dan lain sebagainya. Kegiatan ini tentu sangat positif dan dapat mempererat hubungan keluarga. 

Untuk estimasi biaya mendekorasi ulang rumah, mari kita hitung estimasi biayanya. 

  • Beli tanaman baru dan perlengkapannya: Rp500.000
  • Beli perlengkapan mencuci mobil dan membersihkan rumah: Rp300.000
  • Total budget: Rp800.000

Biaya tersebut bisa Anda persiapkan dengan cara menabung terlebih dahulu. Anda bisa mencari berbagai layanan investasi dan finansial di sini

9. Membuat Kerajinan Tangan

Selain sebagai media untuk rekreasi, kegiatan seru yang satu ini juga bisa menambah kreativitas. Anda bisa membuat berbagai barang DIY, atau melukis, menyulam, membuat berbagai hiasan, dan sebagainya. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan barang bekas Anda, dan mendaur ulangnya menjadi barang baru yang bisa Anda manfaatkan. Tentu ini akan sangat bermanfaat. 

Untuk liburan yang satu ini, Anda tidak akan mengeluarkan banyak biaya. Berikut ini estimasi biayanya. 

  • Biaya membeli peralatan kerajinan: Rp100.000
  • Biaya membeli bahan membuat kerajinan: Rp200.000
  • Total budget: Rp300.000

Meski tidak banyak biaya, Anda sebaiknya mempersiapkan berbagai dana jauh hari sebelumnya. Untuk berbagai produk investasi. Anda bisa klik link berikut

Manfaat Liburan Bersama Keluarga 

Selain menjalin kedekatan dan keakraban antar anggota keluarga, liburan bersama keluarga juga memiliki berbagai dampak positif, seperti berikut ini. 

1. Membangun kenangan

Libur bersama keluarga membangun kenangan yang indah. Liburan keluarga membawa Anda keluar dari rutinitas biasa dan ini berdampak baik. 

Waktu bersama keluarga yang menyenangkan menciptakan kenangan indah dan, menurut penelitian yang ditampilkan di BBC, kenangan positif terbukti secara ilmiah bertahan lebih lama daripada kenangan buruk. 

2. Meningkatkan kesehatan

Liburan keluarga itu sehat. Penelitian telah membuktikan bahwa kesehatan hubungan keluarga juga berdampak besar pada kesehatan fisik Anda. 

Liburan keluarga dapat meningkatkan hubungan antar anggota keluarga dengan komunikasi yang lebih baik, waktu santai bersama, dan kegembiraan karena berbagi pengalaman. 

3. Menjauhkan Diri dari Stress

Dengan liburan keluarga, Anda memiliki lebih banyak waktu untuk terhubung kembali dan menikmati bergaul dengan anak-anak Anda. Anda dapat bermain bersama anak-anak Anda. 

Bermain bersama keluarga menjadi sebuah keharusan, karena anak-anak dapat belajar kesabaran, meningkatkan keterampilan memecahkan masalah, dan mendorong kreativitas. 

4. Memperkuat hubungan

Liburan keluarga memberikan kesempatan sempurna untuk memperkuat hubungan antara orang yang dicintai. Liburan keluarga memberi Anda waktu dan suasana santai untuk ngobrol tentang hal-hal selain tugas sehari-hari, dan pekerjaan rumah. 

Kesimpulan

Liburan bersama keluarga memiliki berbagai manfaat antara lain untuk meningkatkan keakraban keluarga, meningkatkan kesehatan, meredakan stress, dan membangun kenangan yang positif. Anda dapat mengisi liburan Anda dengan berbagai Aktivitas keluarga saat liburan tersebut di atas. 

Tetap menabung ya, apalagi setelah terkuras buat liburan keluarga. Jauh-jauh hari siapkan dana khusus buat liburan keluarga, jadi keuangan Anda tetap aman. Semoga informasi ini bermanfaat.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].

1 COMMENT

Comments are closed.