Akseleran The Best Fintech Lending for Productive Loans 2021

0
250
Rimba Laut SVP Corcomm Akseleran menerima penghargaan Duniafintech Awards 2021 untuk Akseleran

JAKARTA – Akseleran memperoleh penghargaan The Best Fintech Lending for Productive Loans di acara Duniafintech Awards 2021 yang diselenggarakan oleh Duniafintech.com pada hari Selasa tanggal 18 Januari 2022 di Jakarta. Penghargaan perdana di tahun ini menjadi penyemangat bagi Akseleran untuk terus konsisten dalam berkontribusi menumbuhkan bisnis UMKM di seluruh Indonesia melalui penyaluran pinjaman usaha yang seluas-luasnya dan membuka akses pendanaan sebanyak-sebanyaknya kepada masyarakat demi percepatan inklusi keuangan.

Duniafintech Awards 2021 dibuka oleh Kuseryansyah selaku Direktur Eksekutif Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI). Selain Akseleran, penghargaan juga diberikan kepada perusahaan-perusahaan digital lainnya yang telah berhasil mengangkat kesejahteraan masyarakat di era pandemi Covid-19.

“Perusahaan Fintech kami yakini akan semakin berperan dalam upaya meningkatkan akses keuangan dan kemandirian finansial bagi masyarakat. Kami optimistis bahwa pengembangan dan pemanfaatan teknologi informasi dalam industri jasa keuangan, khususnya fintech akan memberikan nilai tambah sehingga pada akhirnya mampu mewujudkan pemerataan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ujar Kuseryansyah.

Sebagai informasi, Akseleran berhasil menutup tahun 2021 dengan catatan prestasi yang menggembirakan. Selama 12 bulan terakhir di tahun lalu, total penyaluran pinjaman usaha Akseleran tumbuh hingga 102% dibandingkan realisasi di periode yang sama tahun 2020 dengan jumlah peminjam (borrower) yang merupakan para pelaku usaha naik 141% dan rasio kredit macet (non performing loan/NPL) kumulatif tetap terjaga rendah di angka 0,07% atau mengalami penurunan 0,10% dibandingkan per 31 Desember 2020.

Gemal A.N. Panggabean, Pemimpin Redaksi Duniafintech.com, mengatakan bahwa penghargaan-penghargaan tersebut hanya diberikan kepada fintech legal yang sudah berizin di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan sudah bekerja keras untuk memberikan kontribusi besar dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional khususnya di masa pandemi Covid-19. “Akseleran sebagai perusahaan fintech telah berhasil mengangkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya para pelaku usaha atau UMKM di era pandemi sekarang ini. Hal ini bisa kami lihat dari pertumbuhan penyaluran pinjaman usaha Akseleran yang signifikan selama tahun 2021, yang merupakan tahun kedua pandemi di Indonesia. Bahkan pertumbuhan itu sejalan dengan semakin membaiknya rasio NPL Akseleran yang tetap rendah,” kata Gemal.

Untuk tahun 2022, Akseleran menargertkan total penyaluran pinjaman usaha sebesar Rp4 triliun atau dua kali lipat dibandingkan target tahun lalu. Sementara itu, untuk penghargaan dengan kategori lainnya diberikan kepada Akulaku Finance, Kredit Pintar, Indodax, Lifepal, Xendit, Finantier, Paper.id, Modalku, dan Nobi.