Akseleran P2P Lending Low NPL Terbaik 2022

0
764
Penghargaan Akseleran P2P Lending Low NPL Terbaik

“Rasio kumulatif NPL Akseleran dari total penyaluran pinjaman usaha masih tetap terjaga rendah di angka 0,05% dengan TKB 90 di angka 99,54% atau terus membaik sejak 2020”

JAKARTA – Menyambut akhir tahun ini, Akseleran sukses memperoleh penghargaan prestius sebagai “P2P Lending Low NPL Terbaik” dari Duniafintech Awards 2022 yang diselenggarakan oleh Duniafintech.com pada hari Rabu, 14 Desember 2022 di Jakarta. Tercatat, hingga pertengahan Desember 2022, rasio kumulatif NPL Akseleran dari total penyaluran pinjaman usaha masih tetap terjaga rendah di angka 0,05% dengan TKB 90 di angka 99,54% atau terus membaik sejak 2020. 

Rimba Laut, SVP Corporate Communication Akseleran, mengatakan bahwa penghargaan dari Duniafintech Awards 2022 semakin mengukuhkan posisi Akseleran sebagai penyelenggara fintech P2P Lending yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk terus berupaya secara berkelanjutan dalam menerapkan penilaian pinjaman yang mumpuni agar menjaga kredit macet tidak meningkat. Menurut Rimba, sejumlah penilaian yang selalu menjadi perhatian bagi Akseleran, yakni keadaan keuangan calon peminjam, kelayakan dan validitas invoice, dan riwayat kredit secara komprehensif.

“Akseleran juga sudah memproteksi hampir seluruh kampanye pinjamannya dengan asuransi kredit yang melindungi 99% pokok pinjaman tertunggak. Jadi assesment-nya kita harus kuat agar NPL tidak tinggi, sehingga kalau masih terjadi NPL, masih ada asuransi kredit sebagai proteksinya dan kami optimis untuk menjaga angka NPL tetap rendah di bawah 1% di akhir tahun 2022 sehingga Akseleran senantiasa dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada seluruh pemberi dana pinjaman (lender) baik perorangan (retail lender) maupun institusi (institutional lender) untuk mengembangkan dana mereka di platform Akseleran,” kata Rimba di Jakarta, Rabu (14/12/2022).

Gemal A.N. Panggabean, Pemimpin Redaksi Duniafintech.com, menyampaikan bahwa Duniafintech Awards memberikan penghargaan kepada perusahaan fintech dan ekosistem dengan kontribusi yang baik selama satu tahun. Gemal menjelaskan, salah satu penilaian mereka adalah bagaimana perusahaan tersebut berani memberikan pernyataan di media massa tentang bagaimana capaian mereka selama satu tahun terakhir. 

“Salah satu pemenang adalah Akseleran. Ini menurut kami, perusahaan yang berani memberikan pernyataan kepada publik lewat media massa tentang bagaimana kinerjanya dalam mempertahankan Low Non Performing Loan (NPL). Pencapaian ini perlu kami apresiasi dan saya ucapkan selamat untuk Akseleran. Semoga Akseleran dapat terus memberikan kontribusi kepada perekonomian Indonesia dan terus menjalankan literasi keuangan dengan baik serta selalu menumbuhkan inklusi keuangan di Tanah Air,” ujar Gemal.

Saat ini, Akseleran sudah berhasil menyalurkan total pinjaman usaha secara kumulatif sebesar lebih dari Rp6,4 triliun kepada hampir 5 ribu para pelaku UMKM dan didukung penuh oleh lebih dari 250 ribu retail lender dan puluhan institutional lender. “Performa Akseleran terus memperlihatkan pertumbuhan yang positif dengan rata-rata penyaluran pinjaman usaha Akseleran setiap bulannya sudah menembus di kisaran 280 miliar rupiah sampai 320 miliar rupiah dan ini semua juga berkat kerja keras seluruh Tim Akseleran yang memiliki semangat sama untuk berani akselerasi,” tambah Rimba.