Tips Atasi Stres Ala Stoikisme

0
349
Tips Atasi Stres Ala Stoikisme

Tak jarang stres mengganggu kesehatan mental dan fisikmu. Stres bisa muncul karena pekerjaan yang menumpuk, tuntutan hidup yang tinggi, atau bahkan konflik dalam hubungan personal. Ketika stres datang, bukan berarti kamu tidak bisa mengatasinya. Salah satu metode yang bisa kamu coba adalah melalui pendekatan stoikisme.

Stoikisme adalah sebuah filsafat Yunani kuno yang berfokus pada etika pribadi dan logika rasional. Seiring berjalannya waktu, pendekatan stoikisme ini juga mulai diaplikasikan untuk membantu mengatasi stres. 

Berikut adalah beberapa tips stoikisme untuk mengatasi stres:

1. Fokus pada hal-hal yang bisa kamu kendalikan

Stoikisme mengajarkan untuk fokus pada hal-hal yang bisa kamu kendalikan, dan melepaskan hal-hal yang tidak bisa kamu kendalikan. Dalam konteks mengatasi stres, hal ini berarti kamu tidak perlu memikirkan hal-hal yang berada di luar kendalimu. Fokus saja pada hal-hal yang bisa kamu atasi atau yang bisa kamu ubah.

2. Kelola emosi dengan bijak

Selanjutnya, coba untuk mengelola emosi dengan bijak. Kamu harus bisa mengendalikan emosi kamu, dan tidak membiarkan emosi mengendalikan kamu. Dalam menghadapi situasi yang menimbulkan stres, hindari untuk menyalahkan diri sendiri atau orang lain. Cobalah untuk mengambil sudut pandang yang objektif dan rasional.

3. Hargai apa yang kamu miliki

Hargai apa yang kamu miliki dan tidak terlalu mempermasalahkan hal-hal yang kamu tidak miliki. Dalam konteks mengatasi stres, hal ini berarti kamu harus belajar untuk bersyukur dengan apa yang kamu miliki, dan tidak terlalu mempermasalahkan hal-hal yang tidak kamu miliki.

4. Terima keadaan dengan lapang dada

Stoikisme juga mengajarkan untuk menerima keadaan dengan lapang dada. Kamu harus bisa menerima keadaan yang terjadi, meskipun keadaan itu tidak selalu menyenangkan. Dalam menghadapi situasi yang menimbulkan stres, cobalah untuk menerima keadaan tersebut, dan berfokus pada solusinya.

5. Jangan takut gagal

Cobalah untuk bisa menerima kegagalan sebagai bagian dari hidup, dan belajar dari kegagalan tersebut. Dalam menghadapi situasi yang menimbulkan stres, jangan takut untuk mencoba solusi baru atau mencari jalan keluar yang berbeda.

Dalam menghadapi stress, kamu bisa mencoba untuk mengaplikasikan prinsip stoikisme ini. Namun, jika kamu merasa stres yang kamu alami terlalu berat, jangan ragu untuk mencari bantuan dari ahli kesehatan atau psikolog.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut