7 Tanda Kamu Jago Mengatur Keuangan

1
712
7 Tanda Kamu Jago Mengatur Keuangan

Kamu tentu sudah sering melihat berbagai tips bagaimana mengelola keuangan atau mungkin juga sudah mulai mengaplikasikannya. Mengelola keuangan dengan baik adalah tujuan setiap orang. Meski pada akhirnya setiap orang memiliki caranya masing-masing dalam melakukan pengelolaan keuangannya. Lalu apa saja sih tanda bahwa kamu sudah mengatur keuangan dengan efektif? Simak daftar di bawah ini!

1. Punya income stabil

Memiliki income yang stabil setiap bulan merupakan salah satu tanda jika kamu hebat dalam hal finansial. Pertahankan kondisi itu, dan akan lebih baik lagi kalau kamu juga punya penghasilan tambahan di luar penghasilan utama.

2. Paham betul tentang porsi pengeluaran

Orang yang cerdas finansial paham betul tentang porsi pengeluaran setiap bulannya. Mereka tak sembarangan mengeluarkan uang, melainkan selalu punya perencanaan yang matang dan realisasi yang tepat.

3. Selalu bayar tagihan tepat waktu

Apakah kamu punya tagihan bulanan dan selalu membayarnya tepat waktu? Jika ya, itu artinya kamu hebat dalam mengatur keuangan. Kamu sangat paham tentang risiko yang akan muncul jika telat melakukan pembayaran.

4. Rutin menabung

Rutin menabung adalah salah satu ciri orang yang hebat mengatur keuangan. Dengan tabungan yang dimiliki, kamu bisa membeli apapun yang diinginkan di kemudian hari.

5. Punya dana darurat

Tanda selanjutnya adalah kepemilikan dana darurat. Kalau kamu memiliki dana darurat yang jumlahnya tiga kali pengeluaran setiap bulan, maka keuangan kamu bisa dibilang dalam kondisi baik.

6. Memiliki atau berencana beli aset

Jika kamu punya rencana untuk membeli aset yang besar atau bahkan sudah memilikinya, itu berarti kamu adalah pribadi yang hebat dalam mengatur keuangan. Dengan kata lain, kamu punya tujuan finansial yang jelas di masa yang akan datang.

7. Investasi untuk masa depan

Orang yang hebat dalam mengatur keuangan akan sangat memperhatikan masa depannya. Karena itu, mereka akan memanfaatkan uang yang dimiliki untuk berinvestasi di sejumlah instrumen untuk menjamin masa depan.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut