7 Kota di Indonesia dengan Biaya Hidup Termahal

1
71
7 Kota di Indonesia dengan Biaya Hidup Termahal

Biaya hidup di satu daerah dengan daerah lain tentunya berbeda-beda. Perbedaan itu disebabkan oleh banyak faktor. Murah atau mahalnya biaya hidup biasanya diukur dari indeks harga konsumen (IHK), dan pengeluaran perkapita. Adapun pengeluaran per kapita dapat dilihat dari hasil survei biaya hidup yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik yang dilakukan setiap lima tahun sekali. Dilansir dari laman BPS, berikut ini adalah 7 kota di Indonesia dengan biaya hidup termahal.

1. Jakarta

Kota yang menduduki posisi pertama kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia untuk ditinggali adalah Jakarta. Menurut Survei Biaya Hidup (SBH) tahun 2018 oleh BPS, Jakarta memiliki total rata-rata pengeluaran per kapita sebesar Rp4.446.770. Sedangkan total rata-rata pengeluaran rumah tangganya sebesar Rp16.897.727. Total pengeluaran tersebut menjadikan Jakarta sebagai kota paling mahal di Indonesia.

2. Surabaya

Selanjutnya adalah kota Surabaya yang berada di posisi kedua dalam daftar kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia. Kota yang terletak di Jawa Timur ini memiliki total rata-rata pengeluaran per kapita sebesar Rp4.240.902. Sementara total pengeluaran rumah tangga rata-rata sebesar Rp16.115.429.

3. Bekasi

Kota Bekasi menempati posisi ketiga kota dengan biaya hidup termahal. Total rata-rata pengeluaran per kapita di Bekasi adalah Rp4.119.168 dengan rata-rata total pengeluaran rumah tangga sebesar Rp16.888.582. Dengan perkembangan kota Jakarta yang begitu pesat, Bekasi sebagai kota satelit pun terdampak dan berkembang menjadi tempat tinggal kaum urban dan sentra industri

4. Depok

Seperti halnya Bekasi, Depok disebut sebagai kota dengan biaya hidup termahal urutan keempat karena berbatasan langsung dengan Jakarta. Kota yang masuk dalam wilayah provinsi Jawa Barat ini memiliki total rata-rata pengeluaran per kapita sebesar Rp3.424.560. Sedangkan total rata-rata pengeluaran rumah tangganya adalah sebesar Rp13.355.784.

5. Semarang

Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah ini adalah salah satu kota besar yang ada di Indonesia, tak heran jika Semarang masuk dalam lima besar kota dengan biaya hidup termahal. Rata-rata pengeluaran per kapita di Semarang adalah Rp3.257.315. Sementara total rata-rata pengeluaran rumah tangganya sebesar Rp13.680.725.

6. Tangerang

Kota terbesar di Provinsi Banten ini memiliki rata-rata pengeluaran per kapita sebesar Rp3.287.159. Sedangkan total rata-rata pengeluaran rumah tangganya adalah sebesar Rp12.491.204.

7. Makassar

Kota dengan biaya hidup termahal nomor tujuh adalah Makassar. Ibu Kota Provinsi Sulawesi Selatan ini merupakan salah satu kota metropolitan di Indonesia dalam hal infrastruktur dan pembangunan. Total rata-rata pengeluaran per kapita di Makassar adalah Rp3.253.338 dan Rp14.640.022 untuk pengeluaran rumah tangganya.

Itulah 10 kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia. Apakah kota tempat tinggalmu masuk dalam daftar di atas?

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut