7 Cara Cari Modal Usaha yang Mudah dan Cepat

0
3714
Akseleran_Article_Featured_Image_1366x768_carimodalusaha

Anda ingin membuka usaha atau bisnis baru? Apakah modal menjadi salah satu kendala Anda? Jika iya, Anda tidak perlu khawatir karena saat ini banyak cara cari modal usaha secara cepat dan mudah. Namun, sebelumnya pastikan dulu jenis usaha apa yang akan Anda jalankan.

Berikut 7 cara cari modal usaha dengan mudah dan cepat:

  1. Pinjam ke Bank

Di bank, Anda dapat mengajukan dua jenis pinjaman untuk modal usaha. Pinjaman pertama yaitu pinjaman dengan agunan atau jaminan. Salah satu jenis pinjaman dengan jaminan yang dapat Anda gunakan sebagai modal usaha adalah Kredit Multi Guna.

Kredit jenis ini dapat digunakan untuk pembiayaan berbagai hal, termasuk usaha. Besaran bunga pada jenis pinjaman ini berkisar 9 hingga 12 persen. Lama masa pinjam dapat dipilih antara 5 hingga 20 tahun. Besaran pinjaman dana yang bisa didapat tergantung besarnya jaminan. Sedangkan besarnya bunga tergantung dari besarnya dana yang dipinjam dan tenor yang diambil.

Jenis pinjaman yang kedua yaitu Kredit Tanpa Agunan (KTA). Jenis pinjaman ini tidak membutuhkan jaminan atau agunan sehingga menjadi salah satu jenis pinjaman favorit para calon pengusaha yang sedang cari modal usaha. Karena pinjaman ini tidak membutuhkan jaminan, maka bunga yang diterapkan lebih tinggi dibanding jaminan yang menggunakan agunan. Kisaran bunga pada KTA yaitu 10 hingga 23%.

  1. Menjual Aset

Cara cari modal usaha berikutnya yang cukup mudah yaitu dengan menjual aset yang dimiliki. Anda dapat menjual aset berupa rumah, toko, kendaraan bermotor, emas atau instrumen investasi lainnya. Menjual aset untuk modal usaha tidak ada salahnya, apalagi jika usaha Anda berjalan lancar maka Anda dapat membeli aset berharga lagi di kemudian hari.

  1. Menggadaikan Aset

Cara lain untuk cari modal usaha yaitu menggadaikan aset. Jika Anda belum rela menjual aset berharga milik Anda atau membutuhkan dana yang tidak terlalu besar maka Anda dapat menggunakan cara menggadaikan aset.

Besarnya dana yang didapat dari pegadaian tergantung nilai aset yang digadaikan. Semakin tinggi taksiran nilai barang maka semakin besar dana yang bisa dipinjam. Namun, jangan lupa membayar dana pinjaman sebelum tanggal jatuh tempo agar aset berharga Anda tidak disita oleh pihak pegadaian.

  1. Joint Venture

Joint Venture merupakan kegiatan membuka usaha bersama dengan beberapa rekan yang sevisi. Joint Venture memberikan kemudahan dari sisi pengumpulan modal karena modal dikumpulkan secara patungan atau gabungan. Di sisi lain tanggung jawab terhadap pekerjaan termasuk kerugian juga ditanggung secara bersama-sama. Soal keuntungan juga pasti dibagi sesuai proporsi secara bersama-sama.

Mengingat joint venture juga riskan terhadap perselisihan di kemudian hari, maka sebelum melaksanakan joint venture sebaiknya dilakukan perjanjian kerja sama yang disepakati oleh semua pihak yang terlibat.

  1. Modal dari Konsumen

Bagi Anda yang berkecimpung dalam dunia jual beli, Anda dapat menggunakan modal yang berasal dari konsumen. Anda bisa membuka usaha jasa titip beli dan mengumpulkan dana dari para konsumen yang hendak titip beli barang pada Anda. Usaha titip beli ini cukup ramai dan pesat akhir-akhir ini mengingat banyak orang yang sangat sibuk sehingga tidak sempat pergi berbelanja. Jasa titip beli ini bahkan mencakup barang-barang yang tergolong besar dan berat seperti furnitur dan elektronik.

  1. Modal dari Crowdfunding

Crowdfunding saat ini juga menjadi salah satu cara cari modal usaha yang cepat dan praktis. Salah satu situs crowdfunding yang menyediakan pinjaman dana multiguna yaitu Akseleran. Situs ini menyediakan layanan peer-to-peer lending dan equity crowdfunding.

Situs ini menyediakan pinjaman dengan plafon hingga Rp 2 Miliar. Untuk mengajukan pinjaman melalui situs ini juga sangat mudah, Anda tinggal mengajukan permohonan secara online dan tanpa jaminan. Hanya saja, untuk bisa mengajukan pinjaman dana di situs Akseleran Anda harus sudah memiliki bisnis yang berjalan minimal satu tahun dengan kondisi keuangan yang sehat (dalam keadaan untung/laba). Bunga yang ditetapkan juga terjangkau yaitu 6.48% hingga 17% flat per tahun.

  1. Sponsor dari Website

Jika Anda memiliki website yang ber-traffic tinggi maka Anda dapat memanfaatkan kolom iklan yang ada di website Anda. Anda bisa mendapatkan iklan dengan mendaftarkan diri di Google Adsense maupun membuka lowongan iklan mandiri. Pendapatan dari iklan berbayar ini bisa menjadi tambahan modal bagi usaha Anda. Semakin banyak iklan yang Anda tampilkan tentu pendapatan Anda juga semakin besar, namun usahakan website Anda tetap ramah pada pengguna, enak dibaca, dan tidak terlalu penuh oleh iklan.

Demikian 7 cara cari modal usaha yang mudah dan cepat. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here