5 Rekomendasi Film Tentang Investasi untuk Menemani Weekend-mu!

0
216
5 Rekomendasi Film Tentang Investasi untuk Menemani Weekend mu!

Mendengar investasi saham, pasti yang langsung terpikir di benak banyak orang adalah keuntungan yang besar. Investasi bukan hanya sekadar soal meraup keuntungan besar, namun menuntut pemiliknya untuk mampu menganalisis, membaca laporan keuangan, mencari tahu bentuk investasi yang tepat, serta membuat strategi tepat dalam mengurangi risiko.

Mempelajari investasi tidak melulu dilakukan lewat buku. Banyak hal di sekeliling kita seperti dari pengalaman atau cerita orang yang sudah berinvestasi yang bisa kita pelajari. Cara lain yang menyenangkan adalah dengan menonton film yang relevan. Sambil menghabiskan weekend-mu, yuk simak 5 rekomendasi film tentang investasi ini!

1. The Big Short

Film ini berangkat dari kisah nyata krisis ekonomi dunia khususnya di Amerika yang disebabkan macetnya kredit perumahan. The Big Short dibintangi oleh Margot Robbie dan Selena Gomez yang menceritakan empat orang pria yang melihat peluang menciptakan ide gila di saat krisis itu. Film ini menggambarkan investasi properti yang tidak lagi menjadi investasi yang menjanjikan, hal ini yang membuat pola pikir para trader dan investor akan berubah seiring dengan perkembangan zaman atau ekonomi.

2. The Wolf of Wall Street

Film yang dibintangi Leonardo DiCaprio ini terbilang sukses dan banyak pelajaran di dunia investasi yang bisa diambil. The Wolf of Wall Street menceritakan biografi atau kisah hidup seorang pialang saham bernama Jordan Belfort. Jordan Belfort berhenti bekerja sebagai pialang karena perusahaan saham tempatnya bekerja bangkrut. Bersama kawan-kawannya, ia berinisiatif membuka perusahaan saham sendiri dan berhasil meraih sukses. Namun, sayangnya mereka berubah menjadi mafia saham dengan melakukan tindak kejahatan, korupsi, dan penipuan saham sehingga jadi buruan FBI.

3. Inside Job

Inside Job merupakan film dokumenter yang meneliti seluk-beluk krisis global tahun 2000-an dan dampaknya bagi Amerika Serikat. Di dalamnya menceritakan apa saja yang memicu krisis tersebut, menggunakan fitur wawancara dengan ekonom Nouriel Roubini, hedge fund atau pengelola investasi Bill Ackman, dan direktur pelaksana IMF saat itu Christine Lagarde.

4. Margin Call

Margin Call merupakan film tentang investasi yang menyoroti cerita sebuah bank investasi besar dan krisis keuangan tahun 2007-2008. Film yang dibintangi oleh Kevin Spacey, Jeremy Irons, dan Paul Bettany ini menyajikan berbagai istilah seputar investasi yang sering digunakan dan bisa menambah pengetahuan penontonnya. Melalui film ini, kita bisa belajar bagaimana pentingnya bagi calon investor untuk melakukan riset riwayat saham perusahaan yang dituju.

5. Enron: The Smartest Guys in Room

Berangkat dari kisah nyata, film dokumenter ini mengungkap skandal bisnis Enron, sebuah perusahaan besar di Amerika yang akhirnya mengalami kejatuhan. Kisah ini merupakan kasus penipuan finansial terbesar sepanjang sejarah di Amerika ini terjadi pada tahun 1985-2001. Dari film dokumenter ini, kita bisa saksikan wawancara eksklusif Bethany Mclean dengan Peter Elkind, beserta para mantan petinggi dan mantan karyawan Enron.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 12% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut