5 Kota Paling Sepi di Indonesia

0
3414
5 Kota Paling Sepi di Indonesia

Indonesia merupakan negara dengan populasi penduduk yang tinggi di dunia, dengan jumlah penduduk mencapai lebih dari 270 juta jiwa. Negara kepulauan ini memiliki ribuan pulau dan wilayah yang sangat luas. Meski begitu, tak dapat dipungkiri bahwa di Indonesia kondisi pemerataan penduduknya belum maksimal. Ada kota yang memiliki penduduk yang sangat banyak, dan ada juga beberapa wilayah yang memiliki jumlah penduduk sangat sedikit padahal wilayahnya luas. Kota-kota ini sering dianggap sebagai kota paling sepi di Indonesia, karena minimnya aktivitas dan keramaian. 

Lalu di mana saja kota paling sepi di Indonesia?

1. Subulussalam, Aceh

Subulussalam merupakan salah satu kota yang terletak di Provinsi Aceh. Kota ini hanya memiliki penduduk sekitar 67 jiwa per km persegi saja. Meskipun memiliki potensi wisata yang menarik seperti Pantai Suka Makmue dan Danau Laut Tawar, namun kota ini masih cukup sepi dan belum banyak diketahui oleh wisatawan.

2. Tidore Kepulauan, Maluku Utara

Tidore Kepulauan adalah sebuah kota di Provinsi Maluku Utara dengan jumlah penduduk sekitar 70 jiwa per km persegi. Selain dikenal dengan cengkih dan palanya, daerah ini juga memiliki potensi wisata bahari yang menarik, seperti Pantai Dodola dan Pulau Tidore.

3. Palangka Raya, Kalimantan Tengah

Palangka Raya merupakan ibu kota dari Provinsi Kalimantan Tengah. Kota ini hanya berisi 119 jiwa per km persegi. Palangkaraya juga memiliki wisata alam yang menarik seperti Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya dan Danau Sembuluh.

4. Dumai, Riau

Dumai merupakan kota yang terletak di Provinsi Riau dengan jumlah penduduk sekitar 199 jiwa per km persegi. Meskipun memiliki pelabuhan laut yang cukup sibuk dan memiliki potensi wisata bahari yang menarik seperti Pulau Bakau dan Pantai Teluk Makmur, namun kota ini masih tergolong sepi.

5.Pagaralam, Sumatera Selatan

Kota terakhir adalah Pagaralam yang merupakan sebuah kota di Provinsi Sumatera Selatan. Pagar Alam dihuni oleh penduduk sekitar 233 jiwa per km persegi dengan luas wilayah 634 km². Beberapa potensi wisata alam yang belum banyak diketahui wisatawan di sini salah satunya Gunung Dempo dan Danau Pagaralam.

 Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut