5 Ciri Merdeka Keuangan

0
611

Merdeka tak hanya mengenai Indonesia yang sudah bebas dari penjajah dan memproklamasikan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945, tetapi Sobat juga perlu merdeka secara finansial.

Dikatakan merdeka secara finansial jika Sobat sudah membuat tujuan keuangan lalu mulai terwujud. Perlu digaris bawahi, merdeka secara finansial bukan berarti memiliki banyak uang ya Sob! Merdeka secara finansial memiliki arti yang lebih dalam, yaitu hidup dengan layak, secukupnya, dan bebas utang.

Untuk mencapai merdeka secara finansial tentu tidak mudah karena ada proses yang perlu Sobat lalui. Seperti harus disiplin, sabar dan tekun menjadi kunci yang perlu ditanam pada dirimu, tanpa tiga kunci tersebut jangan harap Sobat bisa mencapai suatu hal yang diinginkan.

Jika tiga kunci tersebut sudah mulai ditanam, sobat akan dengan mudah mencapai suatu hal yang diinginkan yakni merdeka secara finansial. Berikut 5 ciri merdeka secara finansial yang berhasil dirangkum, simak ya Sob!

1. Kebutuhan bulanan terpenuhi
Kebutuhan bulanan merupakan kebutuhan primer yang harus dipenuhi tanpa menunggu hari gajian. Artinya kebutuhan seperti membeli makanan, biaya transportasi, biaya pulsa dan listrik bisa terpenuhi hingga akhir bulan atau gajian bulan berikutnya tiba. Jika ini sudah terpenuhi maka Sobat terbebas bayang-bayang utang konsumtif.

2. Memiliki dana darurat
Dana darurat ini penting ada dalam sebuah kehidupan. Dana darurat digunakan untuk kebutuhan mendadak yang membutuhkan dana besar karena Sobat tidak pernah mengetahui apa yang akan terjadi di hari esok, lusa dan seterusnya. Namun, jika tak ada kebutuhan mendadak, dana ini bisa dijadikan sebagai tabungan masa depan.

Alokasi dana darurat usahakan bisa ditabung setengah dari gaji pokok setiap bulannya. Kenapa? Karena saran para pakar perencana keuangan, minimal yang dimiliki sebesar 6x lipat dari pengeluaran bulanan untuk single, 9x lipat dari pengeluaran bulanan untuk pasangan menikah dan 12x lipat untuk pasangan menikah dan memiliki anak.

Baca Juga:
Cerdas Kenali Arti Inklusi Keuangan
Cerdas Kenali Arti Literasi Keuangan
Cara Mudah Kembangkan Dana di P2P Lending

3. Terproteksi asuransi
Proteksi asuransi merupakan salah satu yang perlu Sobat miliki untuk mencapai merdeka finansial. Asuransi membantumu meminimalkan risiko yang terjadi di masa depan.

Risiko ini bisa saja memberikan dampak besar pada kestabilan keuangan yang dimiliki. Dengan asuransi kesehatan, Sobat bisa membayar biaya rumah sakit tanpa memberatkan keuangan yang dimiliki. Sementara itu, asuransi jiwa bisa membuat keluarga kecilmu terlindungi saat muncul kemungkinan terburuk. Jika Sobat memiliki kendaraan, ada baiknya diasuransikan sehingga saat kendaraanmu terkena kerusakan, biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar.

4. Memiliki investasi
Memiliki dana lebih sebaiknya diinvestasikan, jika dana lebih hanya ditabung tidak akan memberikan keuntungan yang signifikan. Bahkan, bunga tabungan pun tidak bisa menutupi inflasi yang terjadi.

Jenis investasi sangat beragam, pastikan jenis investasi yang dipilih sesuai profil diri, memiliki legalitas yang jelas dan sesuai kebutuhanmu ya Sob! Alangkah baiknya berinvestasi pada instrumen yang mampu memberikan imbal hasil di atas inflasi yang dibarengi dengan memahami profil risiko yang ada.

5. Memiliki dana pensiun
Semua orang ingin merasa aman bahkan ada istilah ingin menikmati masa tua. Artinya Sobat bisa menikmati hidup tanpa perlu memikirkan keuangan di masa tua mengingat masa tua merupakan fase penting dalam hidup. Kehidupan masa pensiun ingin seperti apa akan terukur dari pendapatan dan tabungan saat usia masih produktif untuk bekerja. Persiapan masa pensiun lebih baik dilakukan sejak dini sehingga bisa maksimal dalam masa pensiun.

Well Sob, itulah 5 ciri merdeka secara keuangan. Untuk memilih jenis investasi Sobat bisa mengembangkan dana di P2P Lending Akseleran karena aman, mudah dan menguntungkan. Mengembangkan dana di Akseleran aman karena sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan imbal hasil yang akan didapat mencapai 21% per tahun.

Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp 100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]