5 Aspek Keuangan yang Harus Disiapkan Sebelum Menikah

1
98
5 Aspek Keuangan yang Harus Disiapkan Sebelum Menikah

Membina bahtera rumah tangga diibaratkan seperti membuka lembaran baru kehidupan bagi dua orang, sebab peristiwa tersebut adalah awal dari perjalanan panjang yang akan dijalani seumur hidup. Tentu dibutuhkan persiapan matang sebelum menikah, salah satunya adalah kesiapan dari aspek keuangan. Untuk menghindari persoalan rumah tangga yang disebabkan oleh aspek finansial, diskusikan beberapa hal di bawah ini dengan pasangan sebelum memutuskan untuk melangkah ke jenjang pernikahan.

1. Biaya seremoni atau pesta pernikahan

Terlepas besar atau kecilnya seremoni yang disepakati kedua keluarga, pastikan kamu sudah memiliki dana untuk pesta pernikahan. Sekalipun kamu hanya akan menggelar akad nikah yang sederhana saja, ada biaya-biaya yang tetap diperlukan seperti administrasi KUA sampai dengan jamuan sederhana untuk keluarga dan kerabat.

2. Pastikan sumber penghasilan

Hal terpenting dalam pernikahan adalah bagaimana kamu dan pasangan menjalani kehidupan setelahnya. Kamu perlu mendiskusikan sumber penghasilan dengan pasangan untuk menunjang kehidupan berumah tangga ke depannya. Jangan lupa untuk saling terbuka jika kamu atau pasangan memiliki beban tanggungan ataupun hutang agar kelak tak menjadi masalah.

3. Persiapkan tempat tinggal

Diskusikan dengan pasangan dimana kalian akan tinggal setelah menikah. Baik itu langsung membeli rumah, menyewa, atau tinggal dengan orang tua, semua harus direncanakan karena hal ini akan mempengaruhi arus keuangan. Pertimbangkan kelebihan dan kekurangannya untuk menentukan dimana akan tinggal.

4. Rencana keuangan setelah berumah tangga

Bicarakan dengan pasangan terkait pengaturan keuangan, apakah penghasilan bersama digabung, atau bagaimana kontribusi masing-masing dalam memenuhi kebutuhan harian. Sepakati juga siapa yang akan menjadi manajer keuangan untuk mengelola penghasilan yang kalian miliki.

5. Siapkan proteksi diri dan Kesehatan keluarga

Proteksi diri dan kesehatan merupakan hal yang penting terlebih ketika sudah berkeluarga dan memiliki anak. Pertimbangkan untuk memiliki proteksi tersebut untuk mencegah hal diluar dugaan. Dengan adanya proteksi tersebut, keuangan keluarga nantinya tidak akan terganggu dan mendapat pelayanan kesehatan yang baik jika dibutuhkan.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut