5 Alasan Jadi Pelupa Ketika Masih Muda

0
166
5 Alasan Jadi Pelupa Ketika Masih Muda

Setiap orang memiliki daya ingatnya masing-masing yang membedakan apakah orang tersebut memiliki ingatan yang baik atau apakah ia seorang pelupa meski masih berusia muda. Apakah kamu sering merasa mudah lupa?

Seringkali terdapat faktor-faktor lain yang dapat memengaruhi kemampuan ingatan kita di usia muda. Penting untuk memberikan perhatian pada kesehatan otak kita untuk menjaga kemampuan kognitif kita seiring bertambahnya usia. Dengan memahami dan mengatasi faktor-faktor tersebut, kamu dapat meningkatkan kualitas ingatan dan konsentrasimu.

Berikut adalah 5 alasan mengapa kamu bisa menjadi pelupa ketika masih muda:

1. Kurang tidur cukup

Pola tidur yang tidak teratur atau kurang tidur dapat berdampak negatif pada kemampuan ingatan dan konsentrasi. Kurang tidur dapat mengganggu proses konsolidasi memori, sehingga sulit untuk menyimpan informasi dengan baik.

2. Pola makan tidak sehat:

Makanan yang tidak seimbang dan tidak sehat dapat menyebabkan kekurangan nutrisi yang penting untuk fungsi otak yang optimal. Kurangnya asupan gizi, terutama vitamin B dan omega-3, dapat mempengaruhi daya ingat dan kognisi.

3. Terlalu banyak multitasking

Muda seringkali dihubungkan dengan kehidupan yang sibuk dan multitasking. Namun, membagi perhatian dan fokus pada banyak hal sekaligus dapat menghambat kemampuan memori jangka pendek dan jangka panjang.

4. Kurang olahraga dan aktivitas fisik

Olahraga dan aktivitas fisik berperan penting dalam meningkatkan aliran darah ke otak dan memperbaiki kualitas tidur. Ketika tubuh tidak aktif, hal ini dapat mengganggu fungsi kognitif termasuk memori.

5. Ketergantungan pada teknologi

Penggunaan yang berlebihan pada teknologi seperti ponsel cerdas dan komputer dapat mempengaruhi ingatan dan konsentrasi. Informasi yang terus-menerus tersedia dan rangsangan dari perangkat elektronik dapat mengganggu proses pemrosesan memori.

Untuk meningkatkan kemampuan ingatan dan mengatasi pelupa, ada beberapa langkah yang dapat diambil. Pertama, pastikan kamu mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas setiap malam. Kedua, perhatikan pola makan sehat dengan asupan gizi yang memadai. Ketiga, hindari multitasking berlebihan dan berikan fokus pada satu tugas pada satu waktu. Keempat, lakukan aktivitas fisik secara teratur untuk meningkatkan aliran darah ke otak. Terakhir, batasi penggunaan teknologi dan luangkan waktu untuk beristirahat dari perangkat elektronik.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut