4 Langkah Problem Solving yang Wajib Kamu Ketahui

0
2945
4 Langkah Problem Solving yang Wajib Kamu Ketahui

Permasalahan tentu tak dapat kita hindari setiap harinya, baik masalah personal maupun dalam pekerjaan. Masalah-masalah tersebut akan lebih mudah diatasi jika kita memahami problem solving. Memiliki skill problem solving dapat membantu kita untuk membuat keputusan yang bijak. Problem solving sendiri merupakan kemampuan dalam proses berpikir untuk menguraikan sebuah permasalahan. Kita membutuhkan skill problem solving ketika sedang menghadapi masalah dan untuk menyelesaikannya, karena seringkali ketika menghadapinya kita langsung lompat ke solusi, dengan hanya mencari solusi yang familiar, atau solusi yang pernah dilakukan oleh orang lain. Berikut ini 4 tips problem solving yang kamu harus ketahui.

1. Pahami Situasinya

Jika menghadapi masalah yang kompleks, bagi ke dalam beberapa masalah yang lebih kecil. Tarik nafas, jernihkan pikiran, dan luangkan waktu untuk berpikir. Jika sedang menghadapi beberapa masalah sekaligus, tentukan prioritas masalah mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Pahami dengan detail tentang masalah yang terjadi, tentang apa, bagaimana, dan sejauh mana masalah terjadi.

2. Cari Akar Masalahnya

Jika kita menghadapi masalah yang belum pernah kita hadapi sebelumnya atau masalah yang berulang, yang harus dilakukan pertama kali adalah menguraikan masalah untuk mencari akar permasalahan. Tahap ini merupakan tahap paling penting dalam problem solving. Masalah yang tetap berulang adalah indikator bahwa akar permasalahan belum ditemukan. Kamu juga dapat menggunakan data untuk menguraikan masalah. Mengidentifikasi akar masalah memerlukan kreativitas hingga ketahanan agar menemukan akar masalah yang tepat.

3. Rencanakan Alternatif Solusi

Rancang berbagai strategi untuk menyelesaikan permasalahan. Jangan ragu mengeluarkan banyak ide yang kamu atau rekan mu miliki. Kamu juga dapat mempertimbangkan ide dari berbagai sudut pandang dengan meminta pendapat ke orang yang lebih ahli. Selain itu, kamu bisa menuliskan pro-kontra dari setiap solusi.

4. Implementasi & Modifikasi Solusi

Terakhir, kamu perlu menyusun langkah implementasi, menetapkan target waktu, dan siapkan resource seperti waktu, biaya, energi, dan sebagainya yang dibutuhkan untuk mengimplementasikan solusi. Setelah itu, lakukan evaluasi apakah solusi tersebut sudah dapat mengatasi masalah yang muncul. Kamu dapat berdiskusi bersama tim pelajaran apa yang bisa diambil dari masalah ini dan langkah apa yang bisa dilakukan agar masalah ini tidak muncul kembali.

 Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 12% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut