3 Tips Mengelola Utang dalam Bisnis

1
137
3 Tips Mengelola Utang dalam Bisnis

Mengajukan pinjaman modal untuk mengembangkan usaha adalah contoh utang yang bersifat produktif. Pinjaman produktif adalah kegiatan yang diajukan untuk menghasilkan sesuatu hal baru, baik berupa uang atau barang bernilai yang nantinya dapat dijadikan sebagai keuntungan. Hal ini tentu saja baik bagi keberlangsungan usaha mu. Namun ketika memutuskan untuk berutang, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Sibuk beberapa tips mengelola utang usaha berikut ini.

1. Melakukan Perencanaan Matang

Rencanakan sematang mungkin untuk mengetahui jumlah modal yang dibutuhkan, hal-hal apa saja yang akan menggunakan biaya dari utang, dan lain sebagainya. Pastikan pinjaman yang kamu ajukan sesuai dengan kebutuhan bisnismu saat ini, tidak kurang dan tidak lebih. Hitung juga kemampuan kalian dalam melunasi utang tersebut.

2. Buat Rencana Pelunasan Hutang

Demi mengembangkan bisnis, mungkin kamu harus berutang ke lebih dari satu pihak. Mulailah membuat rencana untuk melunasi utang dengan jumlah paling sedikit. Pertimbangkan jatuh tempo pelunasan utang yang telah disepakati. Tentukan juga apakah utang yang termasuk utang jangka pendek atau jangka panjang.

3. Perhatikan Rasio Keuangan

Lakukan pengecekan finansial secara rutin. Catat setiap pemasukan dan pengeluaran dan kelola cash flow dengan baik. Dengan begitu, ketika catatan finansial menunjukkan adanya pembengkakan, kamu bisa segera mengambil tindakan.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut

1 COMMENT

Comments are closed.