3 Teknik Manajemen Waktu yang Wajib Diketahui!

1
220
3 Teknik Manajemen Waktu yang Wajib Diketahui!

Sering kali kita merasa waktu 24 jam dalam sehari sangatlah singkat sehingga kerap kali kita kekurangan waktu untuk menyelesaikan setiap pekerjaan dan tugas yang kita miliki. Dengan terbatasnya waktu yang kita miliki, manajemen waktu yang baik merupakan salah satu hal yang kita butuhkan. Ada beberapa teknik yang dapat diterapkan agar pengelolaan waktu lebih efisien & produktivitas meningkat.

1. Teknik Podomoro

Teknik podomoro diperkenalkan pertama kali pada tahun 1992 oleh Francesco Cirillo. Istilah Pomodoro berasal dari bahasa Italia yang terinspirasi dari timer berbentuk tomat yang digunakan oleh Cirillo. Teknik ini sangatlah simple, kamu cukup fokus selama 25 menit, kemudian setelahnya kamu dapat beristirahat selama 5 menit. Setelah empat ronde, kamu dapat beristirahat dalam waktu yang panjang.

Dengan menerapkan teknik podomoro, kamu menjadi lebih produktif, meningkatkan konsentrasi, menyelesaikan lebih banyak pekerjaan, seta mengurangi stres.

2. Teknik Pareto

Teknik Pareto atau yang dikenal dengan “80/20 rule” dicetuskan oleh seorang ekonom, Vilfredo Pareto sekitar tahun 1895. Esensi dari teknik ini, Inti dari teknik ini adalah 80% hasil akan datang dari 20% usaha. Dengan teknik pareto kamu dapat memaksimalkan penggunaan waktu berdasarkan skala prioritas dimulai dari yang terpenting.

Kamu dapat memulai dengan membuat list pekerjaan atau tugas serta upaya yang harus kamu lakukan untuk menyelesaikannya. Kemudian kamu dapat urutkan berdasarkan skala prioritas mulai dari yang paling penting.

3. Teknik Kanban

Kanban umumnya dikenal dalam project management, tapi ternyata teknik ini juga dapat diaplikasikan dalam manajemen waktu. Fokus dari metode in adalah membuat visualisasi progress dari setiap pekerjaan. Langka-langkah dalam menerapkan teknik kanban:

  • Buat visualisasi alur kerja dalam bentuk tabel yang dapat kamu buat secara manual atau melalui bantuan software.
  • Batasi WIP (Work In-Progress) agar pekerjaan yang sedang dilakukan lebih terkendali.
  • Ukur waktu yang dibutuhkan dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan sehingga dapat dilakukan prediksi selesainya sebuah pekerjaan.

Itu lah beberapa teknik yang dapat kamu coba terapkan untuk memaksimalkan waktu yang terbatas.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut

1 COMMENT

Comments are closed.