3 Musim Saham di Bursa yang Wajib Diketahui

0
362
3 Musim Saham di Bursa yang Wajib Diketahui

Berinvestasi di pasar saham memang mengharuskan kita untuk mempelajari seluk beluknya. Sudah tahukah kamu jika ternyata ada musim tertentu yang sangat dinantikan oleh para investor untuk kegiatan jual beli saham? Pasalnya, pada musim-musim ini sangat mempengaruhi indeks saham di berbagai negara. Apa saja ketiga musim yang terkenal di bursa saham?

1. January Effect

January Effect datang setelah pergantian tahun, atau tepatnya di bulan Januari. Pada musim ini, biasanya investor mengharapkan profit yang sangat besar, karena harga saham sedang mengalami peningkatan musiman. Hal ini sering digunakan investor untuk memborong beberapa saham.

2. Sell in May and Go Away

Musim ini muncul pertama kali di London, dengan nama “Sell in May and Go Away Until Leger’s Day”. Pada musim yang jatuh selama 6 bulan yaitu dari bulan Mei hingga Oktober ini justru sering dimanfaatkan para investor untuk menjual sahamnya di musim panas. Hal ini dilakukan karena investor tidak ingin terjebak pada harga saham yang terus menurun.

3. Santa Claus Rally

Terakhir adalah musim yang disebut Santa Claus Rally yang tiba di penghujung tahun. Musim ini dikenal dengan pemberian hadiah, karena jatuh pada bulan Desember yang bertepatan dengan perayaan natal. Santa Claus Rally diartikan sebagai musim jual beli saham yang memiliki kecenderungan untuk terjadi peningkatan harga nilai saham. Momen ini biasanya akan terjadi di dua hari perdagangan pertama, saat memasuki tahun baru ke Januari tahun berikutnya. 

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut