3 Alasan Karyawan di Inggris Hanya Bekerja 4 Hari

1
123
3 Alasan Karyawan di Inggris Hanya Bekerja 4 Hari

Baru-baru ini ribuan pekerja Inggris memulai bekerja selama empat hari dalam seminggu tanpa pemotongan gaji dalam rangka uji coba program. Uji coba yang akan berlangsung selama enam bulan ini melibatkan 3.300 pekerja dari 70 perusahaan, mulai dari penyedia jasa keuangan hingga restoran. Selama program berlangsung, pekerja menerima 100% dari gaji mereka untuk bekerja hanya 80% dari minggu biasanya, sebagai imbalan untuk berjanji untuk mempertahankan 100% dari produktivitas mereka. Uji coba program ini dijalankan karena adanya temuan yang mengatakan bahwa bekerja selama empat hari dalam seminggu lebih efektif. Apa saja alasannya?

Tingkatkan Produktivitas Kerja

Sejak Agustus 2019, Microsoft di Jepang juga telah menerapkan sistem empat hari bagi 2.300 karyawan untuk mengukur produktivitas kerja mereka. Hasilnya, produktivitas mereka meningkat 40% dan penjualan melonjak 39,9% per orang. Hal yang sama telah dilakukan Unilever sejak Desember 2020 lalu.

Sepintas mungkin tampak mustahil, namun peningkatan produktivitas karyawan erat kaitannya dengan keseimbangan pekerjaan dan kehidupan pribadi mereka. Dengan waktu liburan yang cukup, mereka menjadi lebih fresh dalam bekerja sehingga produktivitasnya meningkat.

Karyawan Lebih Bahagia

Perpetual Guardian adalah perusahaan pertama dari Selandia Baru yang menerapkan sistem empat hari untuk menguji manfaat sistem tersebut bagi karyawan dan pemberi kerja. Untuk mempromosikan sistem tersebut, mereka membentuk komunitas 4 Hari Minggu.

Hasil mereka menunjukkan bahwa pengurangan jam kerja membantu 24% karyawan menemukan kehidupan pribadi dan pekerjaan yang lebih seimbang dan 78% karyawan merasa lebih bahagia dan kurang stres (tingkat stres menurun 7%).

Penghematan Biaya

Selain berdampak positif bagi kesehatan mental dan produktivitas karyawan, sistem kerja empat hari juga berdampak positif bagi perusahaan, yaitu menjadi lebih efisien. Selama masa uji coba, penelitian dari Microsoft menunjukkan konsumsi listrik perusahaan turun 23,1% dan karyawan mencetak kertas 59% lebih sedikit dari biasanya. Selain itu, bagi perusahaan yang menerapkan sistem upah per jam atau harian, dapat menghemat upah juga. 

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut

1 COMMENT

Comments are closed.