Kenali Lebih Dekat 2 Jenis Asuransi Pendidikan

0
119
Kenali Lebih Dekat 2 Jenis Asuransi Pendidikan

Biaya pendidikan mengalami kenaikan yang cukup tinggi setiap tahunnya sehingga saat ini pendidikan bukanlah sesuatu yang murah. Biasanya, inflasi untuk biaya pendidikan berada di kisaran 10-15%. Biaya pendidikan ini bisa dibilang seperti komitmen untuk rentang waktu yang cukup panjang, misalnya saja SD 6 tahun, SMP 3 tahun, dan SMA 3 tahun.

Saat ini di Indonesia setidaknya ada 2 jenis asuransi pendidikan, yaitu asuransi dwiguna dan asuransi unit link. Sebelum menentukan asuransi pendidikan mana yang akan kamu pilih, simak penjelasan dari masing-masing jenis asuransi pendidikan berikut ini.

1. Asuransi Pendidikan Dwiguna

Asuransi jenis ini merupakan produk gabungan antara proteksi asuransi jiwa ditambah dengan instrumen pasar uang. Asuransi akan menjamin biaya pendidikan anak jika nantinya orang tua tak bisa lagi mencari nafkah karena meninggal dunia atau cacat total. Selain itu, hasil instrumen di pasar uang seperti deposito cenderung memberikan nilai hasil pasti yang dapat dicairkan dalam jangka waktu tertentu. Besaran jumlahnya sesuai dengan kontrak yang telah disepakati antara nasabah dengan penyedia asuransi.

2. Asuransi Pendidikan Unit Link

Asuransi jenis ini merupakan produk gabungan dari layanan asuransi jiwa dan juga investasi. Premi yang dibayarkan setiap bulannya tidak hanya proteksi masa depan pendidikan anak namun juga akan dikelola untuk produk investasi seperti reksa dana. Keuntungan dari investasi akan dibagikan beriringan dengan tahap anak sekolah, misalnya saat akan masuk SD, SMP, atau SMA.

Perlu dipahami bahwa setiap investasi punya risikonya tersendiri. Walaupun ada peluang untuk mendapatkan imbal hasil atau keuntungan investasi yang tinggi di atas tabungan, namun dibalik itu ada resiko yang tinggi pula.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut