Sejarah 17 Agustus 1945 Sebagai Hari Kemerdekaan Indonesia!

0
66168
17 Agustus

Tepat tanggal 17 Agustus 2020 atau 75 tahun sudah Republik Indonesia telah merdeka dari penjajahan. Ya, Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dilakukan pada hari Jumat pada tanggal 17 Agustus 1945 yang dibacakan langsung oleh Bapak Proklamator Indonesia atau Presiden Pertama Indonesia yaitu Ir. Soekarno didampingi oleh Drs. Moh. Hatta bertempat di sebuah rumah kecil tepatnya di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta Pusat.

Sejarah Panjang Kemerdekaan Indonesia

Kemerdekaan Indonesia ini tentunya memiliki makna yang sangat besar bagi seluruh warga Indonesia. Ya, karena kemerdekaan yang kita raih itu memiliki sejarah yang cukup panjang, yang banyak menguras korban jiwa serta harta benda yang telah dilakukan oleh para pahlawan kita. 

Untuk mengenang banyak jasa dari para pahlawan kita akan sedikit membahas proses proklamasi serta kemerdekaan dari bangsa Indonesia. Awal mulanya dimulai dari berita dijatuhkannya Bom tepat di 2 Kota yaitu Nagasaki pada tanggal 6 Agustus 1945 serta Hiroshima pada 9 Agustus 1945 oleh Amerika Serikat. Ya, kedua peristiwa tersebut yang membuat Jepang menyerah kepada Amerika beserta sekutunya. Setelahnya BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) berganti nama menjadi PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia) yang menegaskan bahwa keinginan tanah air ini mencapai kemerdekaannya.

Soekarno, Moh. Hatta sebagai pimpinan PPKI bersama Radjiman Wedyodiningrat sebagai mantan ketua BPUPKI diterbangkan ke Dalat atau 250 km di timur laut Saigon. Vietnam untuk bertemu Marsekal Terauchi. Mereka diberikan informasi bahwa pasukan Jepang sedang diambang kekalahan dan akan memberikan kemerdekaan kepada Indonesia. Di Indonesia sendiri tanggal 10 Agustus 1945, Sutan Syahrir telah mendengar berita melalui radio bahwa Jepang telah menyerah kepada sekutu. Syahrir mengetahui hal tersebut melalui siaran radio luar negeri, yang ketika itu terlarang. Berita tersebut akhirnya tersebar di lingkungan para pemuda terutama para pendukung Syahrir.

Di tanggal 16 Agustus 1945 gejolak tekanan yang menghendaki pengambilalihan kekuasaan oleh Indonesia semakin memuncak dilancarkan oleh para pengikut Syahrir. Lalu, di siang harinya mereka berkumpul di rumah Hatta dan di jam 10 malam para pengikut Syahrir berkumpul di rumah Soekarno. 15 pemuda tersebut menuntut Soekarno segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia melalui radio, disusul pengambilalihan kekuasaan. Selain itu mereka juga menolak rencana PPKI untuk memproklamasikan kemerdekaan pada 16 Agustus 1945.

Mengetahui bahwa proklamasi tanpa pertumbuhan darah tidak lah lagi memungkinkan, Soekarno dan Moh. Hatta bersama anggota PPKI lainnya untuk rapat dan menyiapkan teks proklamasi yang kemudian akan dibaca di pagi hari tanggal 17 Agustus 1945.

Sehingga tepat di hari Jumat, 17 Agustus 1945 Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang dibaca oleh Ir. Soekarno yang pada kemudian hari menjadi Presiden Dan Moh. Hatta sebagai Wakil Presiden Indonesia yang pertama. Dimana isi teks proklamasi itu berbunyi: 

P R O K L A M A S I

Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia. 

Hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lain diselenggarakan dengan cara saksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.

Djakarta, 17 Agustus 1945

Atas nama bangsa Indonesia.

Soekarno/Hatta.

Karena itu kemerdekaan Indonesia yang sudah diraih dengan susah payah tersebut kita harus pertahankan dengan baik agar kebebasan yang sudah kita raih dapat terlihat hasilnya di masa ini dan masa depan.

Berbicara mengenai kebebasan tentu kamu ingin terbebas dari segala hal yang dapat membuat kamu bergantung kepada satu hal contohnya seperti masalah finansial. Siapa yang tidak ingin mendapatkan kebebasan finansial? Semua orang tentu ingin memiliki kebebasan finansial. Namun, apa sih kebebasan finansial yang dimaksud ini?

Baca juga: 6 Cara Mendapatkan Kebebasan Finansial Sejak Dini

Kebebasan finansial adalah masa dimana kita tidak lagi memiliki utang dan tidak perlu memikirkan hal-hal seperti membayar cicilan, tagihan atau sejenisnya. Semua orang tentunya dapat mencapai kebebasan finansial, tetapi kebebasan finansial hanya bisa didapat oleh mereka yang memiliki tekad serta usaha yang ekstra untuk mencapainya. 

Salah satu cara terbaik untuk melunasi segala utang atau cicilan adalah dengan menambah penghasilannya dengan penghasilan lainnya yang sifatnya pasif. Contohnya adalah melakukan pengembangan dana. Dengan pengembangan dana tersebut setidaknya kita dapat menikmati keuntungan pasti di setiap bulan maupun tahunnya.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 10,5%-12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].