10 Buku Tentang Mengelola Keuangan yang Wajib Dibaca

1
179

Mengelola dan mengatur keuangan merupakan keahlian yang harus dimiliki semua orang. Bagaimana mengatur finansial itu dibutuhkan pengetahuan yang cukup agar dana yang kita miliki tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya, seperti digunakan untuk investasi, kebutuhan sehari-hari, dan dana darurat. Perlu diingat bahwa kesejahteraan masa depan tergantung cara pengelolaan finansial saat ini.

Untuk bisa mengelola keuangan secara tepat, salah satu yang bisa kamu lakukan adalah meningkatkan pengetahuan tentang mengelola keuangan. Tentunya, yang bisa kamu lakukan salah satu satunya adalah membaca tentang buku keuangan yang membahas tentang finansial planning mengenai cara cerdas dan efektif dalam mengelola keuangan. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 10 buku tentang mengelola keuangan yang harus kamu baca: 

Rich and Poor Dad

Buka yang sudah terbit lebih dari 20 tahun sejak pertama kali diterbitkan pada 1997 ini merupakan karya dari Robert Kiyosaki dan Sharon Lechter. Buku ini merupakan cerita Robert tentang pengalaman keluarganya sendiri dan keluarga temannya yang kaya raya, dalam ceritanya Kiyosaki menyelipkan kisah masa kecil tentang kehidupannya. Melalui buku ini, Kiyosaki berpendapat bahwa hutang tidak selalu buruk. Selain itu, pembaca dapat memahami bagaimana seseorang menjadi kaya meskipun gaji yang didapat tidak terlalu besar.

The Total Money Make Over

Buku karya dari Dave Ramsey bercerita mengenai cara cepat menjadi kaya, dan ilmu  pengetahuan dasar tentang bagaimana menyimpan uang untuk dana darurat. Tujuannya agar seseorang dapat menikmati masa pensiun tanpa mengalami gangguan finansial. Di dalam buku ini terdapat beberapa kalimat kasar khas Ramsey, termasuk ketika membahas mengenai pemborosan dalam rumah tangga atau cara membayar tagihan saat anak-anak memasuki perguruan tinggi.

Why Didn’t They Teach Me This in School? 

Buah karya dari Cary Siegel ini bercerita tentang keresahannya saat menyadari bahwa di sekolah tidak diajari bagaimana seseorang mengelola keuangannya sendiri. Buku ini ditulisnya untuk anak muda yang ingin mempelajari tata kelola keuangan. Buku ini  merangkum 99 cara mengelola uang dengan singkat dan jelas. Dalam bukunya dijelaskan mengenai dasar-dasar finansial yang ditulis dengan istilah yang mudah dipahami oleh siswa sekolah.

Your Money or Your Life

Buku ini mengungkap bahwa hidup hemat membuat hidup seseorang menjadi lebih bahagia. Vicki Robin dan Joe Dominguez dalam karyanya ini berisi tentang tips mengatur keuangan, melainkan bagaimana seseorang memilih gaya hidup sesuai kapasitasnya. Misal, seseorang bingung diantara dua pilihan, mengambil pekerjaan dengan gaji kecil atau gaji besar. Robin dan Daminguez memberikan solusi cara memilih pekerjaan yang paling tepat.

Broke Millenial

Sesuai judulnya, buku ini ditujukan untuk kaum muda rentang usia 20 hingga 30an tahun, buku ini ditulis oleh Erin Lowry yang bercerita tentang cara terlepas dari hidup berhutang, serta panduan cerdas dalam membuat anggaran. Buku ini juga berisi tentang pengetahuan agar terhindar dari bangkrut dan menjadi ahli finansial.

You are a Baddas at Making Money

Buku karya Jen Sincero yang merupakan buku kedua dari penulis nomor 1 dari New York Time ini berbeda dari seri sebelumnya, buku ini bercerita tentang panduan finansial yang jauh dari kesan serius, pembaca akan dibuat tertawa oleh bahasa khas yang lucu. Meskipun demikian buku ini memberikan ilmu yang sangat banyak. Menceritakan pengalaman pribadi Sincero dari menjalani hidup susah hingga mencapai kesuksesan

How to Retire Happy, Wild, and Free

Buku ini bercerita tentang bagaimana mempersiapkan pensiun dengan baik Menariknya lagi, dalam bukunya ini, Ernie J. Zelinski menawarkan nasehat inspiratif tentang cara menikmati hidup sepenuhnya. Kunci untuk mencapai pensiun yang aktif dan memuaskan, lebih dari sekadar memiliki sumber keuangan memadai. Hal ini mencakup aspek lain seperti kegiatan untuk waktu luang serta kesejahteraan fisik dan mental.

The Automatic Millionaire

Buku ini memakai bahasa lugas dan tidak bertele-tele.  Mengolah finansial yang baik akan membuatmu bisa memiliki dana yang cukup untuk tabungan di hari tua. Penulisnya adalah David Bach yang berpendapat bahwa mengatur keuangan sendiri bisa membuat kamu menjadi kaya dalam beberapa tahun ke depan. 

The Financial Diet

Chelsea Fagan dalam bukunya ini menjelaskan cara mengelola gaji pertama. Singkatnya buku ini menjelaskan cara untuk membuat anggaran, memahami investasi, dan menangani kredit. The Financial Diet merupakan buku keuangan pribadi ditujukan untuk orang-orang yang tidak peduli dengan keuangan. 

Get a Financial Life

Edisi keempat buku terlaris New York Time yang sudah banyak direvisi dan diperbaharui. Get a Financial Life ditujukan kepada mereka yang sudah dewasa untuk mengelola keuangan pribadi. Orang-orang pada rentang usia diatas 30 lebih membutuhkan pengetahuan untuk mengatur finansial.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Raymas Putro I Editor: Rimba Laut

1 COMMENT

Comments are closed.